Bengawan Solo Siaga II, Bojonegoro Darurat Banjir

Bengawan Solo Siaga II, Bojonegoro Darurat Banjir Anak-anak ke sekolah harus diantar dengan menggunakan sampan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Debit air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan. Status ketinggian air tepatnya di papan duga Taman Bengawan Solo (TBS) Bojonegoro pada posisi siaga II (kuning) banjir.

Tren air terus mengalami kenaikan seiring adanya kiriman air dari wilayah hulu, Madiun, Ngawi, Ponorogo, dan beberapa daerah di Jawa Tengah. Oleh sebab itu, wilayah Bojonegoro saat ini sedang darurat banjir.

Puluhan desa di beberapa kecamatan di wilayah bantaran sungai terpanjang di pulau jawa itu saat ini sedang tergenang air. Ratusan rumah, ratusan hektar lahan pertanian, ratusan kilometer jalan desa serta puluhan fasilitas umum tergenang air.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo, mengatakan bahwa debit air sungai akan terus hingga waktu yang belum bisa diperkirakan. Sebab, air di wilayah hulu juga cukup tinggi hingga mencapai siaga merah, tepatnya di papan duga Dungus, Ngawi.

"Curah hujan tinggi masih akan terus terjadi, tentu akan menambah debit air Sungai Bengawan Solo, selain limpahan air dari wilayah hulu," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO