Rawan Banjir, 4 Kecamatan di Bojonegoro Ditetapkan Kampung Siaga Bencana

Rawan Banjir, 4 Kecamatan di Bojonegoro Ditetapkan Kampung Siaga Bencana Penetapan kampung siaga bencana di Balai Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Foto: EKY NURHADI/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) , bersama Tagana Jatim menetapkan 4 titik Kampung Siaga Bencana (KSB) di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo. Tujuannya agar langkah kedaruratan dapat langsung dilakukan saat terjadi bencana terutama bencana banjir.

Sejumlah daerah yang ditetapkan sebagai kampung siaga bencana yakni Kecamatan Gondang, Balen, Kanor dan Baureno. Penetapan dilakukan di Balai Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno, Rabu (8/3/2023).

Kepala Dinsos , Arwan, menjelaskan bahwa kampung siaga bencana sebenarnya sudah ada sejak 2011 lalu, namun penerapannya masih lambat. Sehingga, KSB ditetapkan dan akan menjadi bagian dari penanganan kedaruratan serta penanggulangan bencana di wilayah masing-masing pada awal 2023 ini.

"KSB dibentuk untuk melakukan penanganan bencana baik sebelum, tengah, dan sesudah. Anggotanya juga dari masyarakat sekitar sendiri," ujarnya usai pengukuhan anggota KSB.

Dia berharap, KSB bisa dikenal oleh masyarakat secara keseluruhan dalam penanggulangan kebencanaan selain BPBD yang selama ini menjadi leading sektor organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab .

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':