UNU Sidoarjo Siapkan Kuota Siswa Tak Mampu

UNU Sidoarjo Siapkan Kuota Siswa Tak Mampu TINJAU - Mendikbud M Nuh didampingi Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah bersama pengurus PCNU Sidoarjo meninjau lahan kampus UNU Sidoarjo, di Desa Bluru Kecamatan Sidoarjo, Jum'at (1/8/2014) lalu. foto dokumentasi BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo mulai beroperasi pada tahun ajaran baru tahun ini. Perguruan tinggi yang memiliki kampus di Desa Bluru Kecamatan Sidoarjo ini juga menyediakan kuota bagi calon mahasiswa yang berasal dari siswa lulusan SMA yang tidak mampu.

Wakil Rektor I UNU Sidoarjo Sigit Pamungkas menjelaskan, pihaknya menyilahkan para siswa lulusan SMA yang tidak mampu untuk berkuliah di UNU Sidoarjo. "Ada kuota yang disiapkan yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam hal penyediaan beasiswa" katanya di sela peresmian UNU Sidoarjo, di gedung Rahmatul Ummah, di Bluru Kecamatan Sidoarjo, Senin (4/8/2014).

Dia menjelaskan, di awal pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru pada tahun pertama ini, pihaknya menargetkan 330 mahasiswa dengan empat fakultas yang disediakan. "Target pada awal ini 330 Mahasiswa dengan empat fakultas dengan sepuluh program studi," jlentreh Sigit.

Kata Sigit, empat Fakultas dan 10 prodi yakni Fakultas Teknik yang terdiri atas Prodi Teknik Industri, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kimia. Fakultas Ilmu Komputer yang terdiri atas Prodi Sistem Informasi, Desain Grafis, dan Teknik Informatika.

Fakultas Ekonomi yang terdiri atas Manajemen dan Akuntansi, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang terdiri
atas Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru SD. "Dari semua fakultas itu, kami mengambil dosennya banyak dari universitas negeri yang sudah berkembang, dan beliau sudah siap mengajar di sini,” bebernya.

Kala peresmian, hadir sekretaris jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud yang simbolis melakukan peresmian dengan menabuh bedug, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Sekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Imam Nahrawi, dan jajaran pengurus PCNU Sidoarjo.

Sebelum diresmikan oleh PBNU, UNU Sidoarjo telah menerima izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 195/E/0/2014 yang disampaikan langsung oleh Mendikbud M Nuh, di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo, Jum'at (1/8/2014) lalu.

Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf berharap dibukanya Perguruan Tinggi berbasis NU itu diharapkan bisa menampung siswa yang cerdas namun minim biaya, untuk bisa melanjutkan kuliah. “Semoga UNU bisa
menampung nantinya,” cetusnya, kala peresmian UNU Sidoarjo.


Dia berharap adanya UNU Sidoarjo, menyumbangkan sumber daya manusia (SDM) bagi Jawa Timur untuk masa mendatang. Gus Ipul pun berharap UNU Sidoarjo juga menjadi salah satu aset Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO