Pangarmatim Hadiri Pembukaan 3rd International Maritime Security Symposium 2017

Pangarmatim Hadiri Pembukaan 3rd International Maritime Security Symposium 2017

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menghadiri acara pembukaan 3rd International Maritime Security Symposium (IMSS) tahun 2017 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., berlangsung di Hotel Inaya Putri, Bali, Rabu (24/08/2017) kemarin.

Kegiatan dua tahunan yang diselenggarakan ke-3 kalinya ini diikuti 350 peserta yang digelar selama dua hari mulai tanggal 23 s.d. 25 Agustus 2017, dan dihadiri para pemimpin Angkatan Laut dari 43 negara di dunia.

Simposium Internasional ini digelar dalam rangka membangun kerja sama di dalam penanggulangan keamanan maritim tingkat regional maupun internasional, dan juga berkaitan dengan program yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, yakni menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Karena pada dasarnya membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia tidak terlepas dari suatu kondisi keamanan maritim di tingkat nasional maupun regional, yang bisa memberikan sumbangan terhadap pembangunan nasional.

Dalam kegiatan IMSS kali ini dihadiri tiga pembicara di antaranya, Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. mengangkat tema “Developing Multilateral Cooperation In Support Of Good Order At Sea To Address Modern Maritime Security Threats”. Selanjutnya sebagai pembicara kedua yaitu Dirjen Asia Pasifik Kemenlu RI Dr. Desra Percaya dengan mengangkat tema “Enhancing Comprehensive Maritime Cooperation And Capacity Building Through Mutual Understanding To Construct Good Order At Sea”,. Dan tema yang ketiga yaitu “Implementation Of Good Order At Sea In The Seattlement Of Maritime Regional Disputes”, yang disampaikan oleh Deputi Kedaulatan Maritim Kemenkomaritim RI Dr. Arif Havas Oegroseno.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya, jajaran Atase Pertahanan (Athan) negara-negara asing di Indonesia, Komunitas Maritim Internasiona, unsur-unsur kemaritiman dalam negeri antara lain Polri, Bakamla, Kementerian dan Lembaga, Rektor/Dekan Fakultas Kelautan Perguruan Tinggi, Pemimpin Redaksi media massa, dan organisasi kemaritiman, pakar/pengamat kemaritiman, dan undangan lainnya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO