KH A Hasyim Muzadi: NU Garis Lurus Itu Tak Paham NU

KH A Hasyim Muzadi: NU Garis Lurus Itu Tak Paham NU KH A Hasyim Muzadi. Foto: antara

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mantan Ketua Umum PBNU KH Ahmad Hasyim Muzadi menegaskan bahwa kelompok NU Garis Lurus (GL) bukanlah pengurus dan organisator NU. Karena itu mereka tak paham NU dan perkembangan NU dari masa ke masa. ”Mereka itu tahunya ya fiqih. Semua masalah dilihat dari fiqh,” tegas Kiai Hasyim Muzadi kepada bangsaonline.com, Rabu (26/11/2016).

Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat tersebut mengatakan itu untuk menjawab pernyataan bangsaonline.com tentang polemik di media sosial yang menyudutkan Kiai Hasyim Muzadi seolah-olah membela NU GL.

Polemik itu bermula dari acara PW IKA PMII Jawa Timur bertema Ikhtiar Menata Jawa Timur Lebih Sejahtera di Rumah Makan Aqis Surabaya, Senin (24/11/2016).

(BACA: -nu-bukan-mobil-taksi" style="background-color: initial;">Yang Mimpin PBNU Rais Am apa Rais Awam, KH Hasyim Muzadi: NU Bukan Mobil Taksi)

Saat sesi tanya jawab ada seorang bertanya soal NU GL yang dianggap berbau Wahabi. “Karena nanyanya seperti itu, apakah NU GL itu Wahabi. Saya jawab bukan. Tapi kalau dia nanya NU GL itu siapa dan seperti apa ya sekarang ini jawabannya. NU GL itu bukan aktivis organisasi NU, karena itu tak paham NU,” kata Kiai Hasyim Muzadi.

”Jadi NU GL itu kadang cocok dengan NU tapi kadang tidak karena memang bukan aktivis NU yang paham tentang perkembanangan NU dari masa ke masa,” tambahnya.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO