RSUD Bojonegoro Overload, Belasan Pasien Dirawat di Ruang Lobi dan Lorong

RSUD Bojonegoro Overload, Belasan Pasien Dirawat di Ruang Lobi dan Lorong TAK KEBAGIAN KAMAR: Tampak beberapa pasien dirawat di lorong dekat pintu masuk IGD. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Belasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Sosodoro Djatiekoesomo Bojonegoro terpaksa dirawat di ruang lobi dan lorong-lorong tempat pejalan kaki. Itu setelah ratusan kamar RSUD tersebut sudah penuh oleh para pasien.

Kondisi rumah sakit overload itu sudah kerap terjadi. Tercatat sejak setengah tahun ini, RS itu sering mengalami overload. Selain itu, sejak sebulan terakhir ini lonjakan pasien juga meningkat. Sehingga pemandangan kurang sedap setiap hari tersaji di RS berplat merah itu. Di ruang lobi Instalasi Gawat Darurat (IGD) misalnya, terdapat belasan pasien yang belum mendapat ruang rawat inap.

Akhirnya, mereka harus menjalani pengobatan di ruang lobi itu sampai menunggu ada ruang inap kosong selanjutnya. Bahkan, sejak awal masuk hingga sembuh selama seminggu lebih pasien terpaksa dirawat di ruang lobi dan lorong RSUD.

Seorang pasien penderita sakit sakit jantung, Endah (46), asal Desa/Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro mengaku, sejak tanggal 19 Februari dirinya dirawat di IGD karena belum mendapat ruang rawat inap.

"Sebenarnya tidak nyaman dengan keadaan seperti ini, tetapi kami sangat membutuhkan kesembuhan, jadi ya tetap berobat di sini," ujarnya, Rabu (23/2/16).

Dalam keadaan seperti itu, ia juga pasien lainnya mengaku khawatir jika sakitnya akan bertambah memburuk. Sehingga, dia berharap keadaan seperti itu dapat segera diatasi dan para pasien memperoleh pelayanan yang layak.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO