Haram, Gaji DPR Hasil Mencuri Suara!

Kedzaliman selalu ada. Namun kedzaliman itu meluas bukan karena banyak orang yang berbuat dzalim. Tapi karena orang yang baik diam alias tak melakukan tindakan apa-apa. (Sayyidina Ali RA).

==============

BACA JUGA:

SEORANG kiai di Madura mengundurkan dari dari jabatannya sebagai pengurus partai. Alasannya karena ia tak mampu lagi mengarahkan alumni pesantrennya untuk mengikuti tausiyah politiknya. Bahkan alumninya konflik sesama alumni karena rebutan suara dalam satu dapil.

Di Pasuruan seorang kiai kesohor dari pesantren besar mengaku sudah tak laku lagi dalam pemilu 2014 kemarin. Mereka merasa kalah dengan uang sehingga tausiah politiknya tak digubris masyarakat. “Sekarang panitia pemilu yang berkuasa, baik PPS, KPPS, PPK dan Panwas. Caleg yang jadi sekarang ini, diduga tak lepas dari keterlibatan para panitia pemilu. Diduga, kalau tak kerja sama dengan mereka pasti suaranya hilang,” kata seorang aktivis yang mengamati praktik kejahatan pemilu.

Tak aneh jika muncul peristiwa menghebohkan. Sebanyak 13 oknum PPK di Pasuruan diberitakan telah melakukan praktik jual beli suara dengan caleg Gerindra, Agustina Amprawati, caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Jawa Timur.Merekaadalah oknum PPK Gempol, Lekok, Beji, Gondangwetan, Grati, Pohjentrek, Sukorejo, Purwosari, Winongan, Bangil, Kraton, Prigen, dan Wonorejo. Namun mereka dianggap menipu karena suara yang dijanjikan ternyata omong kosong. Mereka lantas dilaporkan oleh Agustina, caleg Partai Gerindra nomor urut 8, karena telah menerima uang dari tim suksesnya.

Menurut Agustina, seperti dikutip tempo.co, tim suksesnya menyerahkan uang sebesar Rp 128 juta. Sebagai kompensasi pemberian uang itu, mereka menjanjikan 5 ribu suara untuk Agustina. Selain uang, salah seorang oknum PPK juga dijanjikan mendapat satu unit sepeda motor Honda Mega Pro. Mereka akhirnya dipecat karena telah melakukan kejahatan pemilu.

Di Sampang Madura KH Muhaimin, Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang, membongkar kejahatan pemilu lewat testimoni ratusan masyarakat yang hak suaranya dirampas oleh kepada desa dan para panitia Pemilu. Bertempat di kantor PC NU Jalan Diponegoro Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Kota Sampang. KH Muhaimin, pengasuh pondok pesatren Darut Tauhit Dusun Enjelen Desa Pangung Kecamatan Kota Sampang membeberkan sejumlah temuan pelangaran Pemilihan Anggota Legislatif yang dilaksanakan pada 9 April kemarin.

Kiai Muhaimin juga menunjukan ratusan surat pernyataan dari warga kepada sejumlah awak media terkait di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Gunung Kesan terdapat banyak sekali kecurangan.

Pantauan di lokasi, ratusan surat pernyataan tersebut antara lain berisi "Pada saat pencoblosan Pileg saya tidak diberi surat suara untuk caleg DPRD provinsi, DPR pusat dan DPD, serta saya merasa dirampas hak politiknya sebagai warga negara Indonesia". Demikian kata-kata dalam surat peryataan yang di tandatanggani di atas materai tersebut.

Sumber: berbagai sumber

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO