Ubaya Kembangkan Benih Melon

Ubaya Kembangkan Benih Melon Tim Fakultas Teknobiologi Ubaya menunjukkan benih melon hasil penelitian regenerasi sel kalus. foto: devi fitri afriyanti/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lima mahasiswa Fakultas Teknobiologi Ubaya (Universitas Surabaya) meraih medali perak kategori poster dalam PIMNAS 2015 dengan karya penelitian regenerasi sel kalus buah melon.

Mereka adalah Januar Ishak, Yoanes Maria Vianney, Edwin Gunawan, Natasha Amanda, dan Calvin Wijaya Johan. Hasil penelitiannya dipublikasikan di Lab Bioteknologi Tanaman Gedung, Kampus Ubaya, Selasa (20/10).

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk tunas in vitro yang selanjutnya ditumbuhkan menjadi bibit siap ditanam di kebun. Formula yang ditemukan untuk mendukung penelitian tanaman transgenik.

Penelitian ini memiliki keunggulan dari pada langsung menanam dari tanah yaitu menghasilkan jumlah keturunan yang banyak (perbanyak tanaman tanpa ada batasan) dan secara genetik indentik dengan tanaman induknya.

Melon menjadi objek penelitian karena satu komoditas buah terpenting di dunia. Tanaman melon merupakan tanaman musim panas yang sangat rentan terhadap stress dingin, kondisi yang sering terjadi di musim penghujan di Indonesia. (sby2/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO