Pelbagai Acara Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 Siap Digelar di Kawasan SLG, Berikut Daftarnya

Pelbagai Acara Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 Siap Digelar di Kawasan SLG, Berikut Daftarnya Kepala Disparbud Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo (pegang mik), saat memimpin rapat. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah acara yang mengundang masyarakat bakal digelar untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 pada tahun ini. Adapun kegiatan yang dimaksud ialah pameran bonsai tingkat nasional, maraton, festival Vespa dan Parade Sepeda Tua Nusantara, akan digelar pada 4 Mei-2 Juni 2024 di Kawasan Simpang Lima Gumul ().

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, mengatakan bahwa rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1220 sebenarnya sudah dimulai sejak 1 Maret 2024, dan puncaknya adalah upacara di Pendopo Panjalu Jayati pada 25 Maret lalu. Untuk gelaran yang sifatnya mendatangkan orang banyak baru akan dilaksanakan usai lebaran.

"Saat ini, juga sudah ada pameran di acara Kuno Kini di Kawasan dan acara lainnya yang digelar oleh Dinas-dinas. Tahun-tahun sebelumnya, rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri digelar pada bulan Maret -April. Tapi karena berbarengan dengan bulan puasa dan lebaran, maka untuk tahun 2024 ini, rangkaian digelar usai lebaran pada bulan Mei 2024 sampai awal Bulan Juni 2024," urai Adi usai rapat koordinasi di kantornya, Rabu (3/4/2024).

Agenda-agenda tersebut diharapkan bisa mendatangkan komunitas-komunitas dari luar kota, sehingga bisa lebih mengenalkan potensi pariwisata, terutama Monumen sebagai ikon Kabupaten Kediri. Rapat koordinasi untuk mematangkan peringatan Hari Jadi ke-1220 Kabupaten Kediri dihadiri oleh perwakilan komunitas-komunitas yang akan menggelar acara.

Seperti Dhoho Agro Festival, yang akan menggelar pameran dan lomba bonsai pada tanggal 4-13 Mei 2024 di sekitar Bank Daerah, di kawasan . Diacara ini akan ada lomba bonsai yang diikuti 1000 bonsai dan tanaman hias lain. Lomba bonsai ini akan memperebutkan Piala Bupati dan berskalanya Nasional.

Kemudian event festival Vespa yang akan digelar pada tanggal 4-5 Mei 2024 yang pesertanya direncanakan akan datang dari seluruh Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Event lari Maraton dengan peserta sekitar 2.750 atlet, termasuk dari kalangan penyandang disabilitas, akan digelar pada tanggal 12 Mei 2024 di Taman Hijau, Kawasan .

Lari Maraton sudah menjadi agenda tahunan. Sedangkan untuk event Parade Sepeda Tua (Ngonthel Bareng Mas Bup) yang semula digelar pada tanggal 11-12 Mei 2024 di Terminal diundur menjadi tanggal 1 - 2 Juni 2024 (Sabtu-Minggu). Tempat tetap di Terminal dan Jalan depan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO