[Keliru] Anwar Usman Kembali Jabat Ketua MK

[Keliru] Anwar Usman Kembali Jabat Ketua MK Tangkapan layar narasi yang memberitakan tentang Anwar Usman terpilih kembali sebagai ketua MK.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sebuah konten di media sosial dengan narasi Anwar Usman kembali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam konten tersebut, memuat tangkapan layar artikel media online, seolah Anwar Usman selaku Paman dari Gibran Rakabuming Raka tersebut terpilih menjadi ketua MK pada Maret 2024.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta BANGSAONLINE.com, tangkapan layar tersebut adalah keliru.

Diketahui, pada 7 November 2023, Majelis Kehormatan MK secara resmi mencopot Anwar Usman sebagai ketua MK.

Anwar diberhentikan karena terbukti melanggar kode etik atas uji materi perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batas usia calon capres-cawapres.

Narasi tersebut, kembali beredar bahwa Anwar Usman kembali menjabat sebagai yang dibagikan oleh salah satu akun media sosial Instagram @beritakita_id pada 9 Maret 2024.

Akun tersebut memposting video yang diambil dari Detik.com yang berjudul, “Sah! Anwar Usman Kembali Jadi ,”

Penelusuran BANGSAONLINE.com

Berdasarkan penelusuran BANGSAONLINE.com, artikel Detik.com tentang terpilihnya Anwar Usman sebagai ketua MK terbit pada 15 Maret 2023.

Saat itu, Anwar kembali terpilih masa jabatan pada periode 2023-2028.

Dalam artikel yang dimuat oleh Detik.com, terpilihnya Anwar melalui pemungutan suara yang digelar tiga kali di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO