Ribuan Warga Kediri Rebutan Tumpeng Raksasa di Sumber Banteng

Ribuan Warga Kediri Rebutan Tumpeng Raksasa di Sumber Banteng Warga saat berebut tumpeng raksasa berisi sayur-mayur dan buah-buahan dalam sedekah bumi yang digelar Pokdarwis Sumber Banteng. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kirab budaya dalam rangka sedekah bumi digelar oleh Pokdarwis Sumber Banteng, , Kecamatan Pesantren, , Minggu (26/11/2023).

Ribuan warga antusias menyaksikan kirab budaya, termasuk kirab tumpeng raksasa yang berisi beraneka ragam sayur-mayur dan buah-buahan hasil panen warga Wangkalan, . Adapun isi tumpeng itu antara lain bengkuang, rambutan, blimbing, mangga, nanas, dan yang lain.

Usai dikirab, tumpeng raksasa yang berisi sayur-mayur dan buah-buahan tersebut menjadi rebutan ribuan warga yang memadati area parkir kawasan Wisata Sumber Banteng.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Sumber Banteng Berkah, Sudarsono, mengatakan tujuan digelarnya kegiatan ini adalah sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kepada warga.

"Kami sudah 5 kali ini menggelar sedekah bumi di kawasan Sumber Banteng ini. Tapi yang untuk ritual arak-arakan (kirab) tumpeng baru 2 kali dilaksanakan, yaitu pada 2022 dan tahun ini," katanya.

Makna lain dari sedekah bumi ini, kata Sudarsono, adalah untuk melestarikan lingkungan, termasuk melestarikan sumber air. Dalam sedekah bumi, pihaknya juga menabur benih ikan di kolam dan memberi makan ikan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO