Sidang Kasus Ginjal Akut PT Afi Farma Masuk Agenda Pembacaan Pledoi Para Terdakwa

Sidang Kasus Ginjal Akut PT Afi Farma Masuk Agenda Pembacaan Pledoi Para Terdakwa Suasana sidang kasus gagal ginjal akut di PN Kota Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kasus gagal ginjal akut karena minum sirup paracetamol produksi PT AFI Farma , yang diduga mengakibatkan 5 orang meninggal dunia, memasuki sidang pembacaan pembelaan (pledoi) dari para terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Kota , Rabu (18/10/2023).

Pembacaan pembelaan (pledoi) dibacakan oleh tim kuasa hukum para terdakwa secara bergantian di hadapan majelis hakim yang memimpin sidang di PN Kota yaitu Boedi Haryantho (Ketua), Agung Kusumo Nugroho, dan Ira Rosalin.

Perkara yang menyeret Arief Prasetya Harahap selaku Direktur Utama PT AFI Farma (terdakwa 1), Nony Satya Anugrah (terdakwa 2), Ayrnawati Suwito (terdakwa 3), dan Istikhomah (terdakwa 4), menurut kuasa hukumnya, bukan karena minum obat sirup paracetamol produksi PT AFI Farma.

Salah satu anggota tim kuasa hukum terdakwa, M Akson Nul Huda, mengatakan bahwa berdasarkan keterangan saksi ahli yang diajukan oleh jaksa, yakni Abdul Munim selaku Kepala Laboratorium Farmakognosi Fitokimia Universitas Indonesia, tidak pernah ditunjukkan hasil autopsi ataupun visum yang memastikan meninggalnya lima korban akibat DEG dan EG.

Akson Nul Huda pun mengungkapkan bahwa keterangan saksi bahwa perkara ini memang mempunyai sisi emosional karena korbannya adalah gagal ginjal akut pada anak (GGA). Namun, fakta hukum dan keadilan harus selalu diutamakan.

"Kami berharap sepatutnya majelis hakim bersikap objektif di dalam menyikapi persoalan ini, sehingga dengan demikian dari sini menjadi klir. Saya (juga) berharap putusan yang jatuhkan nanti adalah membebaskan seluruh para terdakwa," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam sidang sebelumnya pada 4 Oktober 2023 lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota telah menuntut para terdakwa kasus gagal ginjal di Pengadilan Negeri Kota dengan hukuman bervariasi.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO