Bupati Kediri Berharap Pengembangan Kampung Moderasi Beragama Menyasar Desa Sekitar Bandara

Bupati Kediri Berharap Pengembangan Kampung Moderasi Beragama Menyasar Desa Sekitar Bandara Bupati Hanindhito Himawan Pramana (kanan) saat menggelar pertemuan dengan Kepala Kemenag Kabupaten Kediri dan jajaran. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana menyambut baik pembentukan kampung moderasi beragama. Ia berharap kampung seperti itu lebih banyak didirikan di Kabupaten Kediri, terutama desa-desa di sekitar bandara.

Hal tersebut disampaikannya saat pertemuan bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa'iz di Ruang Pamenang Pemkab Kediri, Kamis (24/8/2023).

Menurut dia, keberadaan kampung moderasi beragama yang diinisiasi Kementerian Agama itu sebagai upaya menjaga kerukunan antarumat beragama di desa dan memupuk nilai-nilai toleransi di tengah keberagaman dalam masyarakat.

"Ini bisa menekan intoleransi atau radikalisme yang bisa terjadi di Kediri," kata Putra Menseskab Pramono Anung itu.

Keberadaan bandara yang akan beroperasi akhir 2023 diyakini membawa banyak manfaat terkait peningkatan perekonomian. Namun, di sisi lain keberadaan bandara juga akan banyak pengaruh luar masuk ke Kediri.

Karena itu, ia menilai sangat diperlukan sekali kampung moderasi beragama. Bupati yang karib disapa Dhito tersebut pun berharap sebelum bandara full beroperasi di 2024, kampung moderasi beragama ini sudah banyak berdiri, terutama di desa-desa dekat bandara.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO