PC IKA PMII Diharapkan Mampu Memperluas Kontribusi untuk Pembangunan Kabupaten Malang

PC IKA PMII Diharapkan Mampu Memperluas Kontribusi untuk Pembangunan Kabupaten Malang Bupati Malang, Sanusi, saat memberi sambutan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati , Sanusi, menghadiri pelantikan Ikatan Alumni (IKA) Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia () setempat, Kamis (27/7/2023). Pelantikan PC IKA Kabupaten periode 2023- 2028 dilakukan langsung oleh Thariqul Haq selaku Ketua IKA Jawa Timur.

Sanusi mengatakan bahwa peran perguruan tinggi begitu besar dalam mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tidak hanya terbatas pada pembangunan bidang pendidikan, tetapi keberadaan perguruan tinggi telah melahirkan efek domino berkelanjutan yang lahir dari terbentuknya pola interaksi dan hubungan sosial para mahasiswa maupun mahasiswi.

“Tidak mengherankan apabila banyak pergerakan dan organisasi mahasiswa yang terbentuk, dimana salah satunya yakni . Eksistensi telah mampu menjadi wadah organisasi yang positif, dalam rangka mempersiapkan mental dan karakter mahasiswa agar siap untuk menjadi warga negara yang baik sekaligus sebagai agent of change,” paparnya.

Menurut dia, IKA adalah penyambung kekuatan bangsa, utamanya terhadap penguatan ideologi Pancasila, nasionalisme, maupun patriotisme. Baik IKA- maupun , selama ini juga terus berjalan senapas dengan prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah sebagaimana mandatori kepemimpinan dan kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Kiprah nyatanya tidak hanya terbatas pada lingkup perguruan tinggi saja, namun kontribusinya di luar lingkungan kampus justru lebih besar dan beragam, yang kini bersatu-padu dalam wadah Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-),” ucapnya.

Sanusi berharap, IKA mampu untuk semakin memperluas kontribusi dan peran tersebut dalam pembangunan bangsa, sehingga mampu membawa manfaat bagi anggota sekaligus kemaslahatan bagi masyarakat. Utamanya yang ada di wilayah Kabupaten .

“Saya optimis ke depannya IKA Kabupaten akan semakin kompak dan solid, serta selalu tanggap dalam merespon isu sosial yang berpotensi merusak rakyat maupun menggoyahkan NKRI,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PC IKA Kabupaten , Husnul Hakim, mengatakan pihaknya adalah mantan aktivis pergerakan mahasiswa Islam Indonesia yang ada di Kabupaten . Tentu keberadaannya memiliki tugas dan amanah bagaimana mendistribusikan kader-kader dan kader alumni pergerakan mahasiswa Islam Indonesia di Kabupaten .

"Di Kabupaten ini alumninya semakin banyak, karena perguruan tinggi juga semakin banyak setiap tahun, tidak kurang dari 100 kader yang menjadi alumni di setiap kepengurusan. Mulai dari pengurusan tingkat cabang sampai komisariat. Sehingga potensi-potensi itu perlu dikelola dan didistribusikan dengan baik, di bidang pendidikan, kesehatan maupun bidang ekonomi," ungkapnya. (dad/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO