Mudik Gratis Ke Pulau Raas, Gubernur Khofifah: Upaya Mewujudkan Mudik Aman dan Nyaman Warga Jatim

Mudik Gratis Ke Pulau Raas, Gubernur Khofifah: Upaya Mewujudkan Mudik Aman dan Nyaman Warga Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menyapa para pemudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas Sumenep, Kamis (20/4/2023).

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali memfasilitasi ribuan masyarakat untuk mudik gratis ke , Kabupaten Sumenep, Kamis (20/4/2023).

Secara khusus, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan langsung satu Kapal Motor rombongan mudik gratis dengan tujuan Sumenep dari Pelabuhan Jangkar .

Dengan menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Wicitra Dharma I yang berkapasitas 250 penumpang dan 150 kendaraan roda 2, mudik gratis ini, dilakukan sebanyak 8 voyage/16 trip. Sehingga, total kapasitas 4.000 orang dan 2.400 unit kendaraan.

Hingga hari ini, pemberangkatan kapal mudik gratis telah dilaksanakan sebanyak 3 kali, yaitu pada tanggal 13, 15, dan 17 April, dan kali ini merupakan pemberangkatan yang ke empat, dengan jumlah penumpang yang diberangkatkan, sebanyak 1.406 orang, dan kendaraan roda 2 sebanyak 562 unit dari Pelabuhan Jangkar menuju ke Raas.

Dengan keberangkatan pemudik rute Jangka-Raas dari warga Jatim ini, Gubernur Khofifah memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pemudik dijadikan prioritas.

“Kali ini adalah trip ke 4 untuk pemberangkatan mudik rute Jangkar-Raas. Juga ada nanti balik gratis Raas-Jangkar yang akan dilaksanakan. Semuanya kita harapkan bisa terjaga dengan baik sehingga kita semua bisa menyambut bahagia menyambut 1 Syawal 1444 Hijriyah,” ungkapnya

Kemudian, Gubernur Jatim ini menyampaikan, dirinya juga telah memberangkatkan mudik warga jatim dari Jakarta sebanyak 24 bus pada 18 April lalu, dan memberangkatkan 90 bus mudik, dengan tujuan 15 kab/kota pada 19 april kemarin.

“Ini juga ada mudik gratis yang telah diberangkatkan dengan basis perguruan tinggi. Ada ITS dan Unair juga lainnya” katanya.

Mantan Menteri Sosial RI ini juga menyampaikan, bahwa Kementerian perhubungan RI telah memprediksi adanya peningkatan jumlah pemudik yang awalnya 18,1 juta jiwa, menjadi 21,2 juta jiwa ke Jawa Timur.

“Didalam pergerakan mudik masyarakat tahun ini ada sekitar 52,8% peningkatan dari pergerakan tahun lalu. Tetapi ini juga akan kami hitung dan pastikan kembali. Harapannya tingkat hunian hotel/penginapan bisa meningkat, serta efek dari belanja UMKM masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Secara khusus, ia mengatakan, OPD yang masih bertugas ditengah cuti bersama seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, tetap memberikan pelayanan terbaik.

“Artinya bahwa ditengah penyiapan dan pelaksanaan mudik balik gratis oleh Pemprov Jatim, saya minta Dishub untuk selalu performanya maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan, seluruh elemen strategis seperti PLN dan Pertamina, terus bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik, yang juga dihubungkan dengan Command Center milik Polda Jatim.

“Koordinasi Jawa Timur dengan elemen strategis alhamdulillah berjalan lancar,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dirinya juga telah menerbitkan surat edaran pada pengelola wisata di Jawa Timur, untuk melakukan pengecekan berkala pada wisata yang dikelolanya.

“Karena libur lebaran nanti wahana wisata akan dipadati pengunjung. Pastikan wahana wisatanya aman. Kita lakukan monitoring dan keamanan serta kenyamanan kita semua harus dilakukan secara komprehensif oleh kita semua,” jelasnya.

Lalu, ia juga tak luput untuk mengimbau bagi para pemudik, agar terus mengedepankan keselamatan. Gubernur Jatim ini meminta, agar para pemudik memastikan kendaraan aman dan jika sudah merasa lelah, untuk segera istirahat.

“Sampaikan salam hormat saya bagi keluarga dirumah, mohon maaf lahir batin dan selamat merayakan Idul Fitri 1444 H bersama keluarga di rumah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis goodie bag kepada 10 orang pemudik dan sekaligus menyapa para pemudik baik yang telah berada di kapal maupun di luar kapal.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO