Cegah Angka Golput dan Politik Uang, Bawaslu Kota Kediri Datangi Pasar Setono Betek

Cegah Angka Golput dan Politik Uang, Bawaslu Kota Kediri Datangi Pasar Setono Betek Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur saat melakukan sosialisasi kepada para pedagang di Pasar Setono Betek. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mencegah angka golput yang tinggi dan politik uang di pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Kota melakukan sosialisasi pengawas secara langsung ke tempat-tempat umum.

Salah satu tempat umum yang didatangi oleh Bawaslu Kota untuk melakukan sosialisasi pengawas secara langsung adalah Pasar Setono Betek, Rabu (1/3/2023).

Dengan menggunakan megaphone, Ketua Bawaslu Kota , Mansur, didampingi panwascam dan beberapa stafnya, berkeliling ke tiap-tiap stan pedagang. Mulai dari lapak pedagang sayur, penjual buah, daging, dan yang lain, serta pembeli, untuk menyosialisasikan tahapan pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Mansur juga dialog dengan beberapa pedagang maupun pembeli terkait dengan pendataan pemilih oleh panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih). Hasilnya, diketahui ada beberapa pedagang yang mengaku belum didatangi petugas pantarlih.

Kepada wartawan, Mansur mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan secara langsung kepada warga dan pedagang di Pasar Setono Betek ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Bawaslu RI.

Menurutnya, Bawaslu RI telah menginstruksikan kepada bawaslu kabupaten/kota untuk mengawal pendataan pemilih di masing-masing daerah. Termasuk menyosialisasikan terkait dengan angka golput dan politik uang.

"Selain mengawal pantarlih untuk coklit, petugas dari Bawaslu Kota dan panwascam, keliling ke tempat- tempat yang sekiranya ada indikasi kerawanan yaitu warga yang belum masuk daftar pemilih," kata Mansur.

Salah satu sasaran sosialisasi dari Bawaslu Kota adalah para pedagang di Pasar Setono Betek. Menurutnya, para pedagang pasar, biasanya jarang berada di rumah karena harus berdagang. Sehingga ketika petugas pantarlih mendatangi rumahnya, petugas tidak bertemu yang bersangkutan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO