Dampingi Presiden Tinjau Pasar Wonokromo, Khofifah: Stabilkan Harga Beras, Gencarkan Operasi Pasar

Dampingi Presiden Tinjau Pasar Wonokromo, Khofifah: Stabilkan Harga Beras, Gencarkan Operasi Pasar Presiden Jokowi didampingi Gubernur Khofifah saat memantau harga sembako di Pasar Wonokromo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo meninjau Surabaya, Sabtu (18/2/23) siang.

Kunjungan Presiden RI kali ini untuk mengecek dan sembako di pasaran yang akhir-akhir ini mengalami kenaikan di seluruh Indonesia.

Usai mendampingi giat Presiden, Gubernur mengatakan Pemprov Jatim sejauh ini terus berupaya untuk menstabilkan . Salah satunya dengan menggandeng menggelar secara merata di Jatim dan meminta distributor mempercepat distribusi beras.

"Kami terus berupaya agar di Jawa Timur kembali stabil seperti sediakala. Operasi pasar sudah kita lakukan sejak awal bulan November 2022 dan merata di Jatim. Itu adalah upaya agar masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga di bawah HET, dan harapannya bisa segera stabil," kata Gubernur .

Secara aktif, juga melakukan peninjauan langsung kelancaran beras di beberapa lokasi pasar di Jawa Timur. Seperti seperti Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Blitar, dan Pasar Taman Sidoarjo.

Dikatakan gubernur, beras murah digelar sembari menunggu masa panen yang akan mulai di akhir bulan Februari ini. Sehingga diharapkan beras murah mampu menjadi upaya menstabilkan di Jawa Timur.

"Jawa Timur sebetulnya sudah masuk ke musim panen, seterusnya awal Maret akan memasuki panen raya. InsyaAllah produksinya cukup besar. Kita berharap ini akan menjadi penetrasi menuju kita stabil kembali,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, di Siskaperbapo per 18 Februari 2023 di wilayah Surabaya tercatat berkisar Rp8.800 sampai dengan Rp9.400. Akan tetapi di beberapa wilayah di Jawa Timur masih ditemukan di atas harga eceran tertinggi atau (HET). Begitu pula ada yang di bawah atau juga sesuai HET.

Di Jawa Timur dengan rata-rata tertinggi di Kabupaten Pamekasan yang mencapai Rp12.250 dan rata-rata terendah Rp8.260 di Kabupaten Situbondo. Oleh sebab itu, agar di seluruh wilayah Jawa Timur stabil, Gubernur bersama , pemkab/pemkot, PT. Jatim Graha Utama, Perkumpulan Penggilingan Padi (Perpadi) Jatim, asosiasi distributor, dan pedagang beras akan terus menggelar .

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO