Perkawis Gelar Aksi Tanam Pohon di Lereng Gunung Wilis

Perkawis Gelar Aksi Tanam Pohon di Lereng Gunung Wilis Waka ADM Perhutani KPH Kediri, Beny Mukti (kaos hitam), saat menyerahkan bibit secara simbolis kepada Ketua Umum Perkawis, Tofan Ardi. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para relawan yang tergabung dalam (Pelestari Kawasan Wilis) kembali menggelar aksi di Lereng , tepatnya di Zona Riparian, , Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten .

Ketua Umum , Tofan Ardi, mengatakan bahwa air di mengalir melewati wilayah Nganjuk hingga masuk ke daerah aliran . Waduk yang dikelola BBWS ini menjadi penyangga perekonomian warga sekaligus buffer zone (zona penyangga) ekologi.

"Upaya konservasi pada Zona Riparian ini telah menjadi fokus Pelestari Kawasan Wilis dalam 2 tahun terakhir," ujarnya, Minggu (12/2/2023).

Menurut dia, upaya menjaga di sisi sudah menjadi kewajiban mutlak bagi seluruh elemen masyarakat, mengingat tutupan lahan di areal hutan yang berada di atas Bandara ini sudah cukup memprihatinkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh , ditemukan lebih dari 15.773 hektare lingkungan yang rusak akibat alih fungsi lahan hutan yang terjadi sejak 5 tahun terakhir.

"Kondisi inilah yang (diduga) menjadi faktor pemicu banjir yang melanda Kecamatan Tarokan, Kabupaten hingga Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk awal Januari 2023 lalu," tuturnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO