Diskominfo Jember Gelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Data Statistik Sektoral

Diskominfo Jember Gelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Data Statistik Sektoral Kepala Diskominfo Jember, Bobby Arie Sandy, saat memberi arahan dalam rapat koordinasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemkab berkeinginan untuk mewujudkan integrasi data di wilayahnya. Dalam upaya ini, dinas komunikasi dan informasi (Diskominfo) setempat melakukan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Data Statistik Sektoral dalam Perwujudan Satu Data Kabupaten bersama BPS dan Bappeda, Selasa (13/12/2022).

Kepala Diskominfo , Bobby Arie Sandy, mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan kelanjutan dari rapat pada 29 November 2022 lalu. Menurut dia, hal itu menjadi penting karena pihaknya merasa wajib untuk mengikuti Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dengan demikian, PIC dan operator pengelola data sektoral dari masing-masing OPD diajak untuk melakukan pemetaan data dalam kegiatan ini. Bobby menyebut, Diskominfo  telah membuat portal untuk mengolah data dari setiap OPD.

Ia menjelaskan, portal metadata itu merupakan landasan untuk menghasilkan arah kebijakan pemerintah ke depan, sehingga ketepatan atau akurasi data menjadi sangat penting bagi pemangku kebijakan. Pihaknya meminta agar PIC dan operator dapat melakukan update dan validasi data secara berkala.

"Jika ada yang kurang jelas, maka bisa ditanyakan, baik kepada Diskominfo maupun BPS." tuturnya kepada PIC dan operator data sembari menekankan agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Diskominfo berharap, integrasi data sektoral segera terwujud agar dapat memberikan landasan pertimbangan secara holistik, dan komprehensif untuk menentukan arah kebijakan ke depan, serta manfaatnya dapat segera dirasakan masyarakat. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO