Dukung Produktivitas Warga Ring 1, PT SIG Bangun Lumbung Pangan untuk Petani

Dukung Produktivitas Warga Ring 1, PT SIG Bangun Lumbung Pangan untuk Petani Lumbung Pangan di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Grup (SIG) - Pabrik terus memaksimalkan program CSR pemberdayaan berkelanjutan bagi masyarakat ring 1 perusahaan. Salah satunya dengan membangun Lumbung Pangan di Desa Sumurgung, Kecamatan , Kabupaten .

Penyaluran program CSR itu diberikan perusahaan kepada Pemdes Sumurgung dan disaksikan perwakilan Forum Masyarakat Kokoh (FMK) desa setempat, Kamis (17/2).

Kepala Desa Sumurgung, Kecamatan , Kabupaten , Prayitno menyambut baik support yang diberikan perusahaan kepada Desa Sumurgung. Pembangunan lumbung pangan tersebut sejalan dengan program desa yang mencanangkan sebagai desa penghasil padi organik.

"Alhamdulillah, PT SIG selalu mensupport masyarakat, dan pembangunan lumbung pangan ini didukung penuh. Program ini sejalan dengan upaya pemdes meningkatkan ketahanan pangan melalui sektor pertanian," ujar Prayitno.

Dirinya menjelaskan, adanya lumbung pangan yang dikelola langsung BUM Desa Putra Pelita akan difungsikan untuk mengolah hasil pertanian warga. Dengan begitu, hasil pertanian masyarakat tidak langsung dijual, namun akan diproses terlebih dahulu untuk menjadi produk unggulan desa.

"Kami mencanangkan produk unggulan desa berupa padi organik. Jadi mulai produksi, proses pengeringan, sampai pengemasan dan penjualan dipusatkan di sini, sehingga produk yang dihasilkan benar-benar sudah jadi dan siap jual," jelasnya.

Tak hanya itu, masyarakat dapat memanfaatkan lumbung pangan karena telah terintegrasi dengan program CSR lainnya yang sebelumnya sudah ada di desa, yaitu budidaya lele dan ternak ayam.

"Disini juga akan ada proses pembuatan pakan ternak, sehingga dapat menarik tenaga kerja lokal. Program CRS yang diberikan SIG sangat dirasakan dampaknya bagi warga," tutupnya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO