Tiga Fraksi di DPRD Jatim Lakukan Reposisi

Tiga Fraksi di DPRD Jatim Lakukan Reposisi Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tiga Fraksi di DPRD Jawa Timur (Jatim) secara bersamaan melakukan reposisi, termasuk jabatan ketua fraksi. Ketiga fraksi itu adalah, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, dan Fraksi NasDem.

Peresmian pergantian tiga ketua fraksi itu dibacakan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Achmad Iskandar, dengan disaksikan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Senin (14/2).

"Pergantian ketua fraksi ini merupakan hak otoritas partai masing-masing. Tujuannya selain untuk penyegaran juga untuk memberikan kesempatan kepada seluruh anggota fraksi agar bisa melaksanakan tugas partai," kata Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak.

IDalam juklak 04, kata Sahat, Partai Golkar juga telah gamblang dijelaskan bahwa ketua fraksi di DPRD itu ditunjuk oleh ketua partai dan ditetapkan dalam rapat pleno.

"Sementara ini hanya perubahan ketua fraksi. Untuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang lain, belum ada pembahasan. Tapi momentum 2,5 tahun memang diberi kesempatan kepada masing-masing fraksi manakala ada perubahan AKD," tuturnya.

Reposisi fraksi itu berdasarkan surat keputusan pimpinan DPRD Jatim No.188/11/KPTS-Pimp/050/2019 yang dibacakan langsung oleh Sekretaris DPRD Jatim, Andik Fadjar Tjahjono. Posisi Ketua Fraksi Partai yang sebelumnya dijabat Kodrat Sunyoto digantikan oleh Blegur Prijanggono. 

Kemudian, posisi Sekretaris Fraksi Partai diisi Pranaya Yudha Mahardika dan Bendahara Fraksi Partai  dijabat Adam Rusydi. Sedangkan untuk posisi ketua Fraksi Partai NasDem yang sebelumnya dijabat Muzammil Syafi'i digantikan oleh Suyatni Priasmoro, dan ketua Fraksi PPP DPRD Jatim yang sebelumnya dijabat Musyaffa' Noer digantikan oleh Ahmad Silahuddin. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO