Wali Kota Kediri Dampingi Anak Yatim Korban Covid-19 yang Takut Divaksin

Wali Kota Kediri Dampingi Anak Yatim Korban Covid-19 yang Takut Divaksin Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, ikut menenangkan salah satu siswi yang ketakutan saat disuntik vaksin Covid-19. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali , , berusaha menenangkan siswi kelas 1 SDN Banjaran 5, Qafisha Malia Rahmadani, yang menutup matanya saat disuntik vaksin Covid-19. Gadis berusia 7 tahun itu membenamkan wajah ke perut kakaknya yang merupakan pelajar kelas 1 , Bagas Ridho Prasetyo (14).

Kisah ini terjadi saat launching vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar di , Kamis (16/12). Awalnya, Abu hanya spontan mendekati Qafisha karena gadis kecil itu sangat ketakutan melihat jarum suntik. 

"Yang ngantar kan juga masih anak-anak, kakaknya masih 1 SMP. Jadi wajar kalau anak seusia Qafisha agak ketakutan melihat jarum suntik," ujarnya.

Ia sempat heran ketika Qafisha tidak didampingi oleh orang tuanya, sedangkan anak-anak lain bersebelahan dengan orang tua mereka ketika disuntik vaksin Covid-19. Ternyata, ayah siswi kelas itu masih bekerja di Pare dan ibunya meninggal terpapar virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu.

"Hati saya bergetar melihat anak seusai Qafisha harus mengalami nasib seperti itu. Karena saya pernah mengalaminya, saat SD ayah saya meninggal. Jadi saya paham kerepotan orang tuanya sebagai orang tua tunggal yang harus bekerja dan tetap merawat tiga anak yang masih kecil-kecil. Untung kakaknya yang masih SMP sudah bisa membantu ayahnya untuk mengantar adiknya vaksin," paparnya.

Ia mengaku memiliki semua data anak yatim korban Covid-19 di . Saat ini, kata Abu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri tengah merumuskan regulasi untuk memberi pendidikan kepada anak-anak korban Covid-19 hingga tamat sekolah.

"Yang masuk kategori miskin 266 anak usia 0-17 tahun, kami di Pemkot Kediri sedang menggodok payung hukum agar bisa membantu anak-anak tersebut hingga lulus sekolah minimal SMA," kata Abu

"Tapi, saya tidak mau program itu hanya berjalan saat periode saya menjabat, mereka harus terjamin sekolahnya hingga kelak saya sudah tidak menjabat sebagai Wali . Maka itu perlu dipayungi aturan hukum yang tegas dan jelas agar masa depan mereka bisa terjamin," tuturnya menambahkan. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO