AKD Pertanyakan Keseriusan Pemkab Sumenep Terkait Distribusi Raskin

SUMENEP (BangsaOnline) - Keseriusan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam melakukan Pendistribusian bantuan beras untuk keluarga miskin (Raskin) mulai dipertanyakan. Pasalnya, hingga saat ini pendistribusian di kab. sumenep ini tidak kunjung ada kejelasan.

Sekretaris Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sumenep, Imam Idhafi mengatakan, sampai saat ini pendistribusian anggaran tahun 2015 masih belum dicairkan. Padahal, biasanya pencairan itu sudah bisa dilakukan sejak awal Februari lalu.

”Kalau berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, launcing itu sudah dilakukan maksimal pertengan Januari. Sehingga awal februari sebagian sudah bisa ditebus. Tapi hingga sekarang masih belum ada kabar apapun yang sampai pada kami, termasuk juga pola pendistribusiannya, apakah memakai sistem e-money atau tetap memakai beras seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut Idhafi mengatakan bahwa lambannya pendistribusian itu menunjukkan jika keperdulian pemerintah daerah terhadap warga miskin masih minim.

”Mestinya, kalau memang masih lama waktu pencairan akan dilakukan, pemerintah daerah melakukan konsultasi dengan semua aparat desa. Sehingga, aparat desa bisa memberikan informasi juga pada setiap penerima dibawah,” terangnya

Apalagi menurut Idhafi, adanya bantuan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyararakat sebagai penyambung hidupnya. Hal itu mengingat saat ini masih musim penceklik. Dimana semua warga masih baru melakukan penanaman padi. ”Kita semua kan sudah tahu, jika saat ini awal musim tanam. Jadi, keberadaan itu tentunya sangat dibutuhkan,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO