Hakordia 2021, Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Awasi Birokrasi untuk Cegah Praktik Korupsi

Hakordia 2021, Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Awasi Birokrasi untuk Cegah Praktik Korupsi

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021, tanggal 9 Desember 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mengajak masyarakat turut berperan aktif mencegah tindak pidana korupsi.

Bagus Alit, Sekretaris Daerah Kota Kediri, mengungkapkan bahwa masyarakat sipil punya hak untuk mengawasi dan mengawal penyelenggaraan birokrasi untuk mencegah praktik korupsi. Baik dalam bentuk suap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan, dan gratifikasi, yang berpotensi merugikan keuangan negara.

“Pemerintah Kota Kediri membuka kesempatan bahkan meminta masyarakat jikalau ditemui indikasi tindak pidana yang mengarah ke praktik korupsi, utamanya dalam penyelenggaraan birokrasi, jangan sungkan untuk melaporkan kepada kami, bisa melalui inspektorat, atau platform yang disediakan oleh Pemkot Kediri, seperti Surga (Suara Warga),” terangnya, Rabu (8/12).

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardhani, mengatakan bahwa pihaknya juga terus berupaya untuk memberantas praktik pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Kediri.

“Kita terus melakukan pengawasan, salah satunya melalui SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan). Jadi pengawasan bukan hanya dilakukan oleh Wali Kota Kediri atau inspektorat kepada ASN, melainkan juga masing-masing OPD juga melakukan pengawasan melekat,” ujar Wahyu saat ditemui di kantornya.

Simak berita selengkapnya ...