Tanah Longsor di Kabupaten Blitar Sebabkan Bangunan Mushola Rusak Parah

Tanah Longsor di Kabupaten Blitar Sebabkan Bangunan Mushola Rusak Parah Kapolsek Wlingi, AKP Mulyanto (kanan) saat meninjau bangunan Mushola Al Furqon di Desa Balerejo yang rusak parah usai diterjang longsor.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten. Tepatnya di wilayah Dusun Genjong , Kecamatan Wlingi, Senin (29/11) malam.

Tanah longsor mengakibatkan sebuah bangunan Mushola Al Furqon di desa tersebut rusak parah. Dinding mushola di bagian dinding tempat imam sholat ambrol diterjang material longsor.

Kapolsek Wlingi, AKP Mulyanto mengatakan, selain dinding tempat imam sholat, tanah longsor juga merusak dinding bagian kanan mushola.

"Ketinggian tebing yang longsor mencapai 6-8 meter," ujar Mulyanto, Selasa (30/11).

Menurutnya, tanah longsor terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Senin 29 November siang hingga sore hari. Beruntung saat kejadian tidak ada orang di dalam mushola sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan pembersihan material longsor. Sementara kami juga mengimbau kepada warga sekitar untuk tidak menggunakan mushola dulu," jelasnya.

Di hari yang sama, tanah longsor juga terjadi di wilayah lain di Kabupaten. Di antaranya di Dusun Parang Desa Semen, Kecamatan Gandusari. Tidak dilaporkan adanya kerusakan yang diakibatkan longsor di wilayah tersebut, karena tebing yang longsor jaraknya cukup jauh dengan permukiman warga.

Selain itu, tanah longsor juga dilaporkan di Dusun Wonorejo Desa Resapombo Kecamatan Doko. Akibat longsor tersebut, salah satu rumah warga mengalami kerusakan di bagian dapur akibat tertimbun longsor. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO