Napak Tilas Perjuangan Prof. Dr. Moestopo, Satu-satunya Pahlawan Nasional dari Kediri

Napak Tilas Perjuangan Prof. Dr. Moestopo, Satu-satunya Pahlawan Nasional dari Kediri Anggota DPRD Jatim Erjik Bintoro saat menyampaikan paparan. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Warga , Kabupaten , mengikuti acara perjuangan Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo, satu-satunya pahlawan nasional dari Kabupaten , Jumat (26/11) malam.

Acara yang diselenggarakan Yayasan Prof. Dr. Moestopo Jakarta itu dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Bertempat di Pendopo Ek Koorcam Ngadiluwih, acara itu juga diikuti keluarga Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo, Wakil Ketua PCNU Kabupaten KH Maksum, serta Anggota DPRD Jatim .

Erjik mengatakan, acara itu juga diisi dengan tahlil dan kirim doa memperingati wafatnya Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo.

"Pak Moestopo adalah pahlawan nasional dari Kabupaten , khususnya . Acara ini dengan maksud bahwa kita bisa meniru dan meneladani kebaikan-kebaikan beliau," kata Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa tersebut.

Menurut Erjik, Prof. Dr. Moestopo merasa kemerdekaan itu belum tercapai jika masyarakatnya belum pandai.

"Oleh karena itu, beliau mengalihkan perjuangannya ke bidang pendidikan, maka beliau mensponsori berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berdiri, setelah kemerdekaan ini," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 9 November 2007. Selain sebagai tentara, Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo merupakan tokoh nasional dengan mendapat sebutan bapak komunikasi, bapak ilmu kedokteran gigi, bapak perminyakan, bapak reclasering dan bapak pengawal Pancasila. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO