Bupati Hendy Resmikan Festival Cerutu Kelas Dunia dan Deklarasikan JKCI

Bupati Hendy Resmikan Festival Cerutu Kelas Dunia dan Deklarasikan JKCI Bupati Jember Hendy Siswanto saat membuka Festival Jember Kota Cerutu Indonesia di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Jumat (26/11) malam.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati Jember Hendy Siswanto meresmikan pembukaan Festival Cerutu berkelas Internasional di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Jumat (26/11) malam.

Festival cerutu tersebut menjadi satu-satunya di Asia Pasifik. Festival ini diinisiasi Pemerintah Kabupaten Jember berkolaborasi dengan pelaku usaha cerutu di daerah. Digelar selama tiga hari mulai 26 hingga 28 November 2021.

Langkah itu dilakukan sekaligus untuk mendeklarasikan Kabupaten Jember sebagai Kota Cerutu Indonesia (JKCI).

Bupati Hendy berharap festival ini dapat meningkatkan perekonomian demerintah daerah melalui sektor pertanian komoditas tembakau dimana selama ini Jember dikenal sebagai kota penghasil tembakau terbaik di Indonesia.

Dari data Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau (BPSMB-LT) Jawa Timur, hingga saat ini tembakau Indonesia memasok 37 persen kebutuhan produsen cerutu dunia. Dari 37 persen tersebut, Jember menjadi penyumbang terbanyak yakni 25 persen.

Karena itu, kata Bupati Hendy, saat ini adalah momen yang tepat bagi Jember untuk diri sebagai kabupaten penghasil tembakau terbaik.

Simak berita selengkapnya ...