Jadi Narasumber di Workshop BNN, Ketua PWI Kediri: Peran Wartawan Sangat Penting dalam P4GN

Jadi Narasumber di Workshop BNN, Ketua PWI Kediri: Peran Wartawan Sangat Penting dalam P4GN Ketua PWI Kediri, Bambang Iswahyoedhi, saat menjadi pembicara di Kantor BNN Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua Persatuan Indonesia (PWI) Kediri, Bambang Iswahyoedhi, menjadi pembicara dalam Workshop BNN bertema 'Penguatan Kapasitas Insan Media untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba'. 

Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bahwa wartawan memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ().

“Sekali kita berbicara, jutaan orang yang mendengar. Itulah pentingnya peran wartawan dalam penyebarluasan ,” ujarnya di Kantor BNN Kabupaten Kediri, Selasa (23/11).

Namun demikian, lanjut Bambang, wartawan tidak boleh memberikan informasi yang sembarangan, harus tetap berdasarkan sumber yang jelas, berimbang, sesuai dengan kaedah jurnalistik, serta memiliki etika.

“Hal yang penting lainnya, media harus menjadi penangkal hoaks. Dengan demikian, informasi yang diterima atau diketahui masyarakat menjadi informasi yang mendidik dan memberikan pengaruh positif,” tuturnya.

Kepala BNN Kabupaten Kediri, AKBP Lilik Dewi Indarwati, sepakat bahwa media punya peran penting sebagai penyampai kepada masyarakat.

“Media membantu kami dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Kami harapkan juga, dengan adanya informasi yang mengedukasi masyarakat, nantinya ada juga peran serta masyarakat untuk ikut dalam upaya ,” jelasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak takut melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba. “Tidak perlu takut. Karena jika dibawa ke kami (BNN), akan direhabilitasi. Namun beda jika sudah terlanjur ditangkap polisi, rehabilitasinya nanti menunggu putusan pengadilan,” pungkas Lilik. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO