UMK Tuban Tahun Depan Diusulkan Naik Rp 6.990, Serikat Buruh Minta Naik Rp 92 Ribu

UMK Tuban Tahun Depan Diusulkan Naik Rp 6.990, Serikat Buruh Minta Naik Rp 92 Ribu Penetapan UMK Tuban melalui pleno Dewan Pengupahan Tuban bersama beberapa pihak terkait di Gedung Korpri Kabupaten Tuban, Senin (22/11).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Pengupahan Kabupaten menyepakati kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2022 sebesar Rp 6.990.

Penetapan itu dilakukan melalui pleno Dewan Pengupahan bersama beberapa pihak terkait di Gedung Korpri Kabupaten , Senin (22/11).

Sekretaris Daerah Kabupaten , Budi Wiyana menjelaskan, perhitungan kenaikan UMK telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

"Hari ini sudah disepakati kenaikan UMK tahun depan sebesar Rp 6.990. Hasil pleno hari ini selanjutnya diserahkan kepada bupati untuk diteruskan kepada gubernur," ujarnya.

Sekda mengakui ada dinamika yang muncul dalam penetapan UMK. Menurutnya, hal itu umum terjadi. Namun begitu, sistem perhitungannya tetap harus mematuhi peraturan perundang-undangan.

"Dinamika seperti ini pasti ada setiap tahun. Perhitungan yang dilakukan secara manual atau aplikasi hasilnya sama, naik Rp 6.990," imbuh Budi Wiyana.

Menanggapi hal itu, Ketua FSPMI Duraji menolak nominal kenaikan UMK yang telah disepakati Dewan Pengupahan . Pihaknya bersama serikat buruh lainnya akan berkoordinasi untuk menyampaikan penolakan tersebut.

"Dengan tegas kemiskinan menolak usulan itu, kami meminta naik sebesar Rp 92 ribu atau senilai Rp 2.632.000," tuturnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO