Keberatan Lapangan Stadion Brantas Dijadikan Tempat Relokasi PKL, PSSI Kota Batu Wadul Dewan

Keberatan Lapangan Stadion Brantas Dijadikan Tempat Relokasi PKL, PSSI Kota Batu Wadul Dewan Pengurus PSSI Kota Batu saat pertemuan dengan Komisi C DPRD setempat, Selasa (2/11).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tak ingin Kota Batu dialihfungsikan sementara waktu menjadi tempat relokasi pedagang Pasar Besar Batu, Pengurus wadul ke Komisi C DPRD setempat, Selasa (2/11).

Komite Hukum dan Advokasi , Kayat Harianto, mengungkapkan kesepakatan awal relokasi, bahwa pedagang hanya memakai sentel ban, bukan di rumput stadion. Karena itu, pihaknya keberatan.

"Padahal pihak sudah memberikan solusi memindahkan pedagang pasar pagi di area barat stadion, yaitu di tanah kosong. Karena pemilik lahan sudah sepakat, tidak usah menyewa hanya memberikan restribusi kepada pedagang. Saat itu 19 ketua pedagang sudah setuju dengan kami," ungkap Kayat Harianto

Saat itu pihaknya juga telah meminta kepada pemkot agar tak menempatkan PKL di atas rumput stadion. Kalaupun dipaksakan untuk tetap digunakan, maka PSSI dan seluruh masyarakat bola Kota Batu, meminta agar pemkot dan DPRD Kota Batu Wajib membuatkan DED untuk stadion ke depannya.

"Kami tidak ingin yang menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat Kota Batu tiba-tiba dihilangkan begitu saja. Dan kami juga tidak menghendaki membangunnya setengah-setengah," tegas Kayat.

Menanggapi rasa kekhawatiran tersebut, Didik Mahmud dan Sudiono dari Komisi C juga mempertanyakan dasar penempatan PKL di atas rumput .

"Pada hasil rapat terakhir dengan diskoperindag di gedung dewan, memang boleh dipakai stadion, tapi hanya di sentel ban saja tidak sampai ke tengah. Namun, mengapa sekarang bisa sampai ke rumput stadion, dasarnya apa?," kata Didik.

Pihaknya juga mengaku sempat meminta penjelasan kepada OPD terkait, terkait kebutuhan tempat relokasi. Menurut Didik, saat itu pemkot mengatakan lahan di barat, timur, dan selatan stadion, serta sentel ban, sudah cukup untuk menampung pedagang.

"Faktanya kalau (rumput) tengah dipakai, berarti adanya penambahan jumlah pedagang. Sebenarnya berapa, itu yang menjadi pertanyaan kami. Rekan dari PSSI juga mempunyai upaya, harapannya tidak memakai rumput stadion dan dipindahkan ke lahan kosong di area baratnya stadion dan untuk itu kami apresiasi," pungkas Didik. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO