Jelang Musim Hujan, DPUTR Gresik Kebut Pengerukan Kali Lamong

Jelang Musim Hujan, DPUTR Gresik Kebut Pengerukan Kali Lamong Suasana saat 3 operator alat berat tengah bekerja mengeruk endapan Kali Lamong di wilayah Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang , Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik melakukan pengerukan sejumlah titik yang mengalami sedimentasi (pendangkalan) agar tak meluap. Titik yang dikeruk di antaranya, di wilayah Desa Bulangkulon, Kecamatan ; dan wilayah Kecamatan .

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPUTR Kabupaten Gresik, Endoong Wahyukutjoro, mengungkapkan bahwa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021, ada alokasi anggaran Rp8 miliar untuk

"Plotting anggaran Rp8 miliar di APBD-P 2021 kita bagi untuk pengadaan alat berat dan pengerukan," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (25/10).

Ia menegaskan, pengerukan dilakukan dengan sistem kontraktual dan swakelola.

"Untuk pengerukan di Desa Bulangkulon kita lakukan kontraktual. DPUTR siapkan pagu anggaran Rp2,2 miliar. Namun, dalam lelang kena Rp1,1 miliar. Turun jauh dari pagu. panjang yang dikeruk 4 kilometer (km)," paparnya.

Adapun yang di wilayah , dilakukan dengan swakelola oleh Bagian Sumber Daya Alam (SDA) DPUTR dengan anggaran Rp800 juta, dengan panjang yang dikeruk 2 km.

Sementara itu, untuk anggaran Rp5 miliar, lanjut Endoong, digunakan untuk pengadaan 3 alat berat guna merawat dan anak . Juga untuk perawatan waduk atau embung yang ditangani DPUTR.

"Mudah-mudahan cepat tuntas penangannnya, sehingga tak kembali meluap," tuturnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO