Rajin Olahraga, Cara untuk Cegah Stroke

Rajin Olahraga, Cara untuk Cegah Stroke Webinar Pencegahan Stroke dan Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik Civitas Akademika Unesa, Kamis (21/10).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Stroke adalah gangguan pembuluh darah otak yang sifatnya mendadak. Untuk mencegahnya, diperlukan kesehatan holistik. Sedangkan untuk mencapai kesehatan holistik, kita harus hidup sehat, salah satunya dengan rajin olahraga.

Demikian disampaikan Senior Doctor Kortex, Gigih Pramono, saat menjadi pembicara dalam Pencegahan Stroke dan Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik Civitas Akademika , Kamis (21/10).

"Jika kita ingin hidup sehat, maka olahraga adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Jantung bekerja sesuai dengan aktivitas kita. Maka ketika aktivitas kita sehat, akan mempengaruhi jantung yang sehat. Tetapi jika aktivitas kita tidak sehat, tentunya jantung akan kurang sehat," paparnya.

itu juga menghadirkan Kepala Pusat Kajian Ilmu Keolahragaan (PKIK) LPPM , Dr. Mochamad Parmono, M.Kes. Ia menyampaikan hasil survei aktivitas fisik dan kesehatan Civitas Akademika pada 2021. Bahwa, 66 persen dosen memiliki riwayat yang berisiko memicu terjadinya . Sedangkan 28 persen lainnya punya riwayat .

"Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga kemungkinan jadi salah satu penyebab terjadinya dan . Karena, data menunjukkan 51 persen Dosen tidak melakukan olahraga, 41 persen melakukan 1-2 kali seminggu. Dan, itu belum memenuhi rekomendasi durasi waktu aktivitas fisik yang direkomendasi oleh WHO," ujarnya.

Karena itu, masyarakat disarankan untuk check up kesehatan minimal 6 bulan sekali, serta jantung minimal 1 tahun sekali, dan otak 2 sampai 3 tahun sekali.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan MoU antara dan Kortex dalam hal pencegahan , yang ditindaklanjuti oleh PKIK LPPM dengan perjanjian kerja sama (PKS) pada bidang olahraga. (diy/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO