Buka Diklat, Ini Pesan Wabup Gresik kepada 154 Calon Kepala Sekolah

Buka Diklat, Ini Pesan Wabup Gresik kepada 154 Calon Kepala Sekolah Wabup Bu Min saat menghadiri pembukaan diklat calon kasek. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 154 calon kepala sekolah (kasek) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) di Hotel Sapta Nawa , Selasa (19/10/2021).

Diklat dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Hj. Aminatun Habibah (Bu Min). Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa diklat tersebut bertujuan untuk membekali para calon kepala sekolah sebelum bertugas menjadi kepala sekolah. Ia meminta kepada para calon kepala sekolah untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

"Ilmu itu terus bergerak maju, saya minta untuk terus belajar dan belajar untuk meng-update ilmunya, baik itu secara formal maupun informal," pesannya.

Menurut wabup, banyak sekali sumber ilmu yang bisa didapat, baik itu dari buku maupun dari sumber yang lain, misalnya dari dunia maya.

"Kalau tidak mau memperbarui ilmu, jangan salahkan kalau murid nantinya lebih pandai dari gurunya," timpalnya.

Untuk itu, ia meminta agar para calon kepala sekolah untuk tetap menjadi guru atau pendidik.

"Diklat kepala sekolah hanya sebagai fungsi tambahan sebagai manajerial, supervisor, bisa menyusun anggaran, inovatif, dan aktif. Fungsi utama tetaplah sebagai guru yang selalu mendidik dan mengajar," pintanya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan , S. Hariyanto mengatakan bahwa diklat kali ini diikuti oleh 154 calon kasek. Diklat dibagi dalam 2 kelompok dan tempat. Masing-masing kelompok sebanyak 77 orang yang ditempatkan di Hotel Saptanawa dan Hotel Horizon.

"Sejumlah tahapan materi penting yang bakal menjadi rujukan ilmu ketika peserta menjabat kepala sekolah nanti yang harus diikuti yaitu, on the job training I dan II, dan in service training I dan II," jelasnya.

Turut hadir memberikan materi, perwakilan BKD Kabupaten dan Rektor Universitas Muhammadiyah Eko Budi Laksono. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO