Penemuan Burung Merak di Area Pembangunan Bandara Kediri Diserahkan ke BKSDA Sidoarjo

Penemuan Burung Merak di Area Pembangunan Bandara Kediri Diserahkan ke BKSDA Sidoarjo Burung merak yang ditemukan di area pembangunan Bandara Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penemuan hijau atau Pavo Maticus di area proyek Bandara Kediri di Lereng Gunung Wilis, tepatnya di Kecamatan Grogol dan Tarokan, oleh pekerja proyek viral di medsos.

Saat ini hijau berkelamin jantan tersebut sudah dikirim ke BKSDA Sidoarjo guna perawatan lebih lanjut. Sebelumnya, tersebut diamankan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur di Kediri.

Nur Muhammad Ndaru Sudiro, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Kediri BKSDA Jawa Timur menjelaskan, pihaknya menerima pada Selasa (12/10/2021) malam, dari pekerja proyek yang menemukan burung itu.

"Saat diserahkan kepada kami, kondisi hewan sedikit lemah, sehingga perlu adanya penanganan untuk menjaga kesehatan hewan," terang Ndaru Sudiro, Sabtu (16/10).

Burung merak tersebut diperkirakan berusia 5-6 tahun. Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui secara pasti asal hijau yang ditemukan warga tersebut.

"Satwanya itu agak liar, kalau dipegang melawan, tidak seperti hewan peliharaan, dugaan sementara burung itu memang liar," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...