Soremoni, Cara Mas Abu Wadahi Seniman Kota Kediri Ekspresikan Karyanya Selama Pandemi

Soremoni, Cara Mas Abu Wadahi Seniman Kota Kediri Ekspresikan Karyanya Selama Pandemi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (baju batik) dan para seniman saat tampil bareng. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap para pelaku seni, termasuk seniman musik. Menyikapi hal ini, Wali menggagas acara Sore-Sore Bareng Harmoni (Soremoni), wadah bagi para musisi untuk bisa mengekspresikan karya-karyanya.

Menurut wali kota, acara Soremoni ini berawal dari keluh kesah para seniman di yang kesulitan untuk manggung akibat pembatasan selama pandemi Covid-19. Dari situlah, muncul ide untuk manggung secara virtual melalui Soremoni.

"Alhamdulillah, saya dibantu oleh teman-teman seniman . Mereka memberi saran untuk kolaborasi bareng-bareng yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Akhirnya ya kita buat Soremoni ini," ungkapnya, pada Minggu (03/10). 

Soremoni dapat ditonton tiap hari Kamis pukul 15.30 WIB melalui kanal YouTube . Pada episode perdana yang tayang Kamis (30/9) lalu, Wali Kota Abu Bakar dan para seniman musik ngobrol tentang strategi bertahan di masa pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Wahyu, salah satu seniman, mengungkapkan suka duka para musisi agar bisa bertahan selama masa pandemi. Menurutnya, agar bisa terus bertahan, para seniman melakukan ngamen virtual di akun media sosial masing-masing.

"Ya kita beralih ke virtual. Ada manggung online, job buat video clip, dan ngamen virtual. Kita juga berdagang makanan di circle kita sendiri. Meskipun banyak pembatasan, kita dituntut untuk tidak berhenti berkarya," ujarnya.

Sementara itu, episode Soremoni perdana minggu lalu cukup mendapat banyak respons positif dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat komentar yang disampaikan masyarakat.

Misalnya, M. Arif Asrorul. Ia menilai acara Soremoni sangat dinanti oleh masyarakat yang rindu atas penampilan para seniman. Ia berharap ke depan Pemkot Kediri semakin gencar mendukung dan mewadahi seniman . Serta semakin banyak seniman yang ikut mewarnai blantika musik nasional. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO