Diklaim Tinggi Zinc, Bupati Mojokerto Panen Beras Anti Stunting

Diklaim Tinggi Zinc, Bupati Mojokerto Panen Beras Anti Stunting Bupati Ikfina bersama jajaran forkopimda ketika memanen padi unggul di Mojoanyar.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati terjun memanen dua padi varietas unggul. Kedua varian padi tersebut yakni Demfarm Varietas Unggul Baru (VUB) Padi Khusus dan VUB Spesifik Lokasi yang diklaim tinggi zinc sehingga mampu menekan gangguan pertumbuhan tinggi badan (kerdil) dari standar usia (stunting).

“Jenis Inpari IR Nutri Zinc, kita produksi untuk mendukung program pengentasan desa stunting. Kandungan zinc tinggi di dalamnya, diharapkan mampu membantu menurunkan angka stunting bagi ibu hamil dan balita umur di bawah 1.000 hari kelahiran. Kita juga panen jenis khusus yakni Pamelen, yang punya indeks glikemik (IG) rendah. Beras ini sangat baik, untuk penderita maupun orang yang berisiko diabetes melitus. Kadar gula tubuh bisa terjaga, karena naiknya pelan-pelan,” kata bupati.

Bupati Mojokerto menekankan bahwa usaha peningkatan pertanian akan berjalan lebih baik apabila juga dibantu dengan inovasi. Langkah ini merupakan senjata yang kuat, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing.

“Panen hari ini memberi dampak positif untuk petani, agar mampu mengembangkan benih baru demi kualitas produksi pertanian ke depannya. Tentu ini juga berkaitan erat dengan inovasi dan teknologi. Apalagi padi kita tercatat selalu mengalami surplus yakni sekitar 52.127 ton beras per tahun,” tambah bupati.

Simak berita selengkapnya ...