UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Gresik

UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Gresik Sejumlah peserta saat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah jurnalis mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Gresik. Direktur LUKW Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UMJ, Tria Patrianti, mengatakan bahwa pihaknya telah menyelenggarakan 3 kali kegiatan serupa sejak UMJ diberikan surat keputusan (SK) Nomor 18 tahun 2020 dari Dewan Pers (DP) sebagai lembaga penyelengara UKW.

Pertama, kata Tria (sapaan karibnya), Desember 2020, Maret 2021, dan bulan Ini. "Hingga saat ini sebanyak 56 wartawan yang telah mengikuti UKW di UMJ," ujarnya, Minggu (26/9).

Ia memaparkan, masyarakat memberi respons besar terhadap UKW yang dilaksanakan UMJ. Terbukti, banyak perusahaan pers yang ingin menggandeng UMJ untuk melaksanakan kegiatan tersebut. 

"Alhamdulilah, masyarakat tak melihat brand UMJ itu lembaga Muhammadiyah dalam pelaksanaan UKW. Namun, karena mereka enjoy bisa ikut UKW di UMJ," paparnya. 

"Baru-baru ada dari kalangan Kristiani yang ingin UKW dengan UMJ," tuturnya menambahkan.

UMJ tak mengejar profit oriented selama digelarnya UKW. Pihaknya lebih ingin meningkatkan kompetensi, dan peningkatan SDM wartawan agar lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. 

Simak berita selengkapnya ...