Pasca Insiden Kekerasan di Papua, NasDem Minta Aparat Jamin Keamanan Atlet PON

Pasca Insiden Kekerasan di Papua, NasDem Minta Aparat Jamin Keamanan Atlet PON Mohammad Khaerul Amri, Ketua DPP Partai Nasdem bidang Pemuda dan Olahraga. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Insiden kekerasan terhadap tenaga kesehatan (nakes) jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua menjadi perhatian banyak pihak, tak terkecuali Partai NasDem. NasDem meminta aparat keamanan gabungan TNI/Polri mampu menghadirkan ketenangan bagi para atlet dan seluruh elemen pendukung masing-masing delegasi.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPP Partai Nasdem Bidang Pemuda dan Olahraga, Mohammad Khaerul Amri. Poitikus yang akrab disapa Gus Aam ini menilai, respons cepat Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri terhadap insiden yang terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua itu sudah tepat.

Kapolda telah menjamin keamanan penyelenggaran PON pada tanggal 2-15 Oktober mendatang. Apalagi, kapolda menyatakan bahwa lokasi penyelenggaraan PON jauh dari tempat KKB Papua beraksi melakukan aksi teror.

Meski demikian, pria yang juga Wakil Ketua Umum PP GP Ansor itu meminta TNI/Polri bersinergi untuk menambah aparat keamanan. Tujuannya, agar seluruh atlet yang bertanding benar-benar mendapat jaminan rasa aman dan nyaman dalam menjalani setiap kompetisi.

Menurutnya, kerja bareng TNI/Polri juga harus seiring dengan kinerja intelijen dari Badan Intelijen Negara (BIN). Dengan kekompakan ketiga lembaga itu, Aam meyakini upaya pengamanan di Papua akan sesuai dengan target yang telah ditentukan pemerintah.

"Kapolda Papua memang sudah memastikan akan mengerahkan 8 ribu aparat di lokasi PON. Tapi soal jaminan keamanan perlu diidentifikasi betul tindakan pengamanan terukur seperti apa yang efektif. Kalau perlu ditambah, ya langsung berkoordinasi dengan elemen aparat keamanan di wilayah lainnya, termasuk dengan BIN," ujar Aam, Senin (20/9/2021).

Tidak hanya itu, ia mengajak seluruh masyarakat yang ada di Papua bersatu padu dalam menyukseskan event 4 tahunan yang kali ini diselenggarakan di Bumi Cendrawasih.

Simak berita selengkapnya ...