Tak Lagi Identik Amankan Acara Hajatan, Pemkot Kediri Bentuk Satgas Linmas Tingkat Kota

Tak Lagi Identik Amankan Acara Hajatan, Pemkot Kediri Bentuk Satgas Linmas Tingkat Kota Salah satu anggota linmas saat ikut mengantarkan bantuan sembako kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Demi meningkatkan kinerja Satgas Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pemkot Kediri membentuk Satgas Linmas Kota. Hal ini mengacu pada Permendagri 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat dan dirilisnya Perwali nomor 17 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

telah menyeleksi anggota dan meloloskan sebanyak 30 orang Anggota Satgas Linmas Kota Kediri yang terpilih. Pemilihan ini berdasarkan hasil rekapitulasi nilai tes yang telah dilaksanakan. Sebelumnya, seleksi Satgas Linmas Kota Kediri diikuti oleh 92 orang dari perwakilan 46 kelurahan.

Seleksi tersebut dilakukan untuk menjaring anggota yang memiliki performa dan kapabilitas yang sesuai. Karena nantinya, Satgas Linmas Kota yang terpilih akan berperan sebagai pembantu pelaksana pembinaan kean, membantu keamanan, ketenteraman, dan ketertiban umum masyarakat dan penanggulangan kebencanaan.

Anggota Satgas Linmas Kota juga terdiri dari Aparatus Linmas pada Satpol PP, sehingga satgas tersebut akan bermarkas di Mako .

Bagi anggota yang dinyatakan lolos, diberi pemantapan dan pembekalan seputar 5 tugas utama oleh Satpol PP bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Jayabaya Kota Kediri, Kamis (9/9). Selain itu, mereka juga akan mendapat materi tentang kebencanaan yang disampaikan oleh UPT Damkar Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berharap, adanya Satgas Linmas Kota dapat meningkatkan kinerja di Kota Kediri dan menjadi agen penyampai kebijakan Pemkot Kediri di tingkat kelurahan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO