Hadiri Webinar Road to FESyar 2021, Mas Abu: Si Jamal Salurkan 11.168 Bantuan Selama Pandemi

Hadiri Webinar Road to FESyar 2021, Mas Abu: Si Jamal Salurkan 11.168 Bantuan Selama Pandemi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memperkenalkan Sinergi Jaring Pengaman Sosial () Kota Kediri dalam Road to FESyar 2021 KPwBI Kediri, Rabu (8/9/2021).

Sesi webinar ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta melalui siaran YouTube. Selain Wali Kota Kediri, dalam webinar ini juga ada pembicara lain yakni Sekretaris Umum MUI Kota Kediri Nur Ahid.

Abu Bakar menyampaikan, merupakan program JPS (Jaring Pengaman Sosial) yang bertujuan mempertahankan daya beli masyarakat. Sebab, pembatasan kegiatan yang diberlakukan pemerintah berdampak pada ekonomi warga.

Dalam program ini, Pemkot Kediri melibatkan 5 perwakilan lembaga amal yang berpengalaman dan punya jaringan menggalang dana masyarakat, yaitu Rumah Zakat, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Yatim Mandiri, dan Nurul Hayat.

Sebab, konsep adalah gerakan donasi atau urun tangan bersama untuk menghadapi pandemi Covid-19. Kini, anggotanya sudah 8 lembaga.

Adapun cara kerja adalah, Pemkot Kediri berbagi data dengan lembaga amal, agar semua sasaran bisa tepat dan tidak tumpang tindih. Jadi, semua beramal dan penyalurannya menggunakan satu data. Penyaluran bantuan per individu bisa sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

" ini juga sangat transparan. Para donatur bisa mengecek distribusi bantuannya lewat https://sijamal.kedirikota.go.id/batman/. Ini sebagai transparansi dan akuntabilitas . Semua bantuan yang diterima dan disalurkan dapat dilihat dalam website tersebut," terangnya.

ini telah menyalurkan banyak bantuan kepada masyarakat Kota Kediri yang membutuhkan. Total pada tahun 2020 sudah menyalurkan 2.445 bantuan, sedangkan pada tahun 2021 telah menyalurkan 8.723 bantuan.

" ini bukan sekadar Covid-19 saja. Namun juga membantu masyarakat lain yang terdampak pandemi. Seperti membantu anak yatim. Saat pandemi ini banyak anak-anak yang ditinggal oleh orang tuanya dan menjadi yatim," pungkasnya. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO