PTPN XII Ekspor Perdana Kopi 18 Ton Senilai Rp 1,5 Miliar ke United Kingdom

PTPN XII Ekspor Perdana Kopi 18 Ton Senilai Rp 1,5 Miliar ke United Kingdom Direktur PTPN XII Siwi Peni saat melepas ekspor perdana kopi ke United Kingdom. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII di tahun 2021 melakukan ekspor perdana kopi jenis arabika sebanyak 18 ton senilai Rp 1,5 miliar dengan destinasi pelabuhan tujuan Teesport United Kingdom, komoditas tersebut merupakan hasil panen tahun 2021.

Direktur PTPN XII Siwi Peni mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun lalu, permintaan komoditas kopi di pasar dunia belum pulih dan para buyer masih wait and see.

"Kami mampu menembus pasar internasional karena memiliki pelanggan loyal di negara-negara di Eropa, Asia, maupun Amerika Serikat. Dalam ekspor perdana ini kami mengirimkan 18 ton kopi arabika untuk memenuhi permintaan buyer dengan destinasi pelabuhan tujuan ke Teesport United Kingdom," ujarnya di sela-sela acara Ekspor Perdana Kopi Produksi PTPN XII Tahun 2021, Selasa (7/9/2021).

Kopi merupakan salah satu tanaman utama yang diusahakan PTPN XII dengan total areal seluas 8.985,89 ha terdiri dari kopi jenis arabika seluas 4.478,50 ha dan kopi robusta 4.507,39 ha, pemanenannya dilakukan sejak Juli lalu dan berakhir September ini.

Simak berita selengkapnya ...