Dinsos Kota Kediri Bagikan KKS BPNT, Penerima Mayoritas Penyandang Disabilitas

Dinsos Kota Kediri Bagikan KKS BPNT, Penerima Mayoritas Penyandang Disabilitas Para penyandang disabilitas saat akan menerima Kartu KKS BPNT. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui dinas sosial membagikan Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (KKS BPNT) dari Kementerian Sosial di aula kantor dinsos setempat pada Rabu (1/9). Sebanyak 338 KKS BPNT dibagikan kepada warga, yang 90% di antaranya merupakan penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Triyono Kutut Purwanto melalui Wiwik Trisnowati, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menjelaskan bahwa KKS ini berfungsi seperti ATM. Yakni digunakan sebagai instrumen pembayaran yang memiliki fitur uang elektronik dan tabungan yang dapat digunakan sebagai media penyaluran berbagai bantuan sosial.

"Hari ini kita membagikan KKS yang berasal dari Kementerian Sosial RI. Sebenarnya, kartu yang dibagikan sejumlah 363 namun menyusut menjadi 338 karena ada penerima yang meninggal dunia atau dinyatakan mampu," ungkap Wiwik Trisnowati, Rabu (1/9).

Dalam penggunaanya, lanjut Wiwik, KKS ini dapat digunakan belanja bahan-bahan sembako di e-Warong seperti beras, telur, protein hewani, protein nabati, vitamin, mineral dengan total nilai Rp 200 ribu.

"Nantinya, kartu KKS ini dapat dibelanjakan di e-Warong yang sudah ada, agar bisa digunakan untuk membeli bahan makanan seperti sembako. Total nilai yang bisa dibelanjakan sebesar Rp 200 ribu," ucap Wiwik.

Namun, KKS yang dibagikan saat ini masih kosong sehingga belum dapat digunakan. Nantinya jika KKS ini sudah diisi, masyarakat akan diberitahu oleh petugas dan dapat langsung membelanjakannya.

"Semoga dengan dibagikannya KKS ini masyarakat dapat terbantu. Apalagi di situasi yang serba sulit seperti masa pandemi saat ini," pungkas wiwik.

Arifin (50) yang berasal dari Kelurahan Banaran merasa senang dengan adanya bantuan melalui KKS. Ia yang juga sebagai seorang ayah dari anak penyandang disabilitas intelektual ini berharap ke depannya bantuan seperti ini tetap terus dilakukan.

"Harapan saya, bantuan seperti ini terus berlanjut. Terutama bantuan untuk kaum disabilitas. Terima kasih kepada pemerintah untuk bantuan ini. Semoga dapat bermanfaat," harap Arifin. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO