Akibat Pandemi Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi di Tuban Turun 0,83 Persen, Inflasi Juga Tinggi

Akibat Pandemi Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi di Tuban Turun 0,83 Persen, Inflasi Juga Tinggi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten mengalami penurunan sekitar 0,83 persen akibat pandemi Covid-19. Selain itu, angka inflasi di Kabupaten juga tergolong tinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Aditya Halindra Faridzky, Jumat (27/8/2021). Menurut Bupati Lindra -sapaannya- salah satu penyebab naiknya inflasi karena sektor industri dan pengolahan yang menjadi penyumbang PDRB terbesar di Kabupaten ikut mengalami penurunan. Meski begitu, pihaknya berjanji segera melakukan kajian untuk mendalami permasalahan tersebut.

“Akan kita kaji lebih lanjut sehingga diketahui seluruh faktor yang mempengaruhi inflasi dan pertumbuhan ekonomi di ,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab selama ini telah berupaya menekan nilai inflasi dengan menetapkan Standar Satuan Harga (SSH) dan Indeks Harga Konsumen (IHK). Selanjutnya, mengatur peredaran komoditi pangan di pasar dengan menjaga kestabilan harga, dan mengatur arus penawaran dan permintaan (supply and demand).

"Hal ini dilakukan agar tidak terjadi lonjakan harga maupun penurunan harga yang drastis ketika terjadi panen maupun saat kelangkaan barang," jelasnya.

Hanya saja, Lindra memastikan inflasi tidak berpengaruh di sektor seperti pertanian, peternakan, dan perikanan yang relatif stabil dan tidak begitu terpengaruh pandemi. Dirinya mengimbau masyarakat memanfaatkan resi gudang yang ada untuk menjaga ketersediaan stok pangan.

"Kita memaksimalkan hasil produksi dan memprioritaskan komoditi pangan lokal sebelum nanti menerima supplier dari luar wilayah," tutupnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO