Tekan Tingkat Stres Warga Saat Isoman, RSUD Gambiran Ciptakan Zoominar Bertajuk Kesehatan Mental

Tekan Tingkat Stres Warga Saat Isoman, RSUD Gambiran Ciptakan Zoominar Bertajuk Kesehatan Mental Zoominar RSUD Gambiran Kota Kediri, Selasa (24/8/2021). (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, Kota Kediri rutin menggelar zoominar bertajuk "Seputar Informasi Kesehatan (Suntik)". Kegiatan yang dapat diikuti masyarakat umum ini akan diselenggarakan sebanyak dua kali dalam sepekan, guna memberikan edukasi secara maksimal kepada masyarakat mengenai kesehatan.

Peserta dapat bergabung melalui Zoom maupun kanal YouTube secara cuma-cuma, dengan tema pembahasan yang berbeda pada tiap sesinya.

Lain halnya dengan sesi sebelumnya yang mengulas tuntas tentang penggunaan obat saat isoman, kali ini membawakan topik "Jalani Isoman Tanpa Stres". Zoominar kali ini dipandu oleh Diyah Retno Aprileny sebagai moderator, dengan narasumber Kristika Sadtyaruni, seorang Psikolog dari Poli Psikologi .

Kristika menjelaskan bahwa pandemi ini dapat mendorong terjadinya krisis yang mampu menyebabkan perubahan hidup. Tak ayal banyak orang merasa kebingungan, tertekan, cemas/khawatir, sedih dan kehilangan, bahkan menjadi marah pada keadaan. Hal-hal itulah yang bisa menyebabkan kesehatan mental atau kondisi psikologis menurun.

Kristika, dengan mengutip pernyataan WHO, sehat mental artinya seseorang yang mampu melakukan hal-hal berikut, seperti menyalurkan potensi yang dimiliki, menghadapi tekanan hidup sehari-hari, bekerja dengan produktif, dan memiliki kontribusi terhadap komunitas.

Namun, kesehatan mental tidak dapat diraih tanpa melakukan apa-apa. Meski sedang dalam kondisi isoman, masyarakat tetap bisa menyalurkan potensi yang dimiliki dengan cara berkarya secara produktif, serta berkontribusi terhadap masyarakat.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO