Lembaga Kajian di Bangkok Gelar Donor Darah Kemerdekaan

Lembaga Kajian di Bangkok Gelar Donor Darah Kemerdekaan Petugas PMI Cabang Kabupaten Kediri saat mengambil darah dari pendonor. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebuah lembaga kajian di Dusun Mangunrejo, Desa Bangkok, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, menggelar aksi sosial berupa donor darah di teras Masjid Al Ghuroba, desa setempat, Minggu (22/8).

Aksi sosial bertema Amal Sholih Donor Darah Kemerdekaan yang diikuti 40 orang pendonor tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kediri.

Faiz, koordinator panitia donor darah menjelaskan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu dan selalu rutin digelar setiap 3 bulan sekali. Untuk aksi sosial kali ini, sekalian untuk memperingati HUT ke-76 RI.

"Sekarang aksi sosial donor darah ini digelar setiap dua bulan sekali, karena atas permintaan PMI sendiri. Kalau dulu memang 3 bulan sekali," kata Faiz, Minggu (22/8).

Namun untuk saat ini, panitia membatasi peserta donor darah hanya 40 orang, mengingat kondisi saat ini masih pandemi. Padahal, calon pendonor lebih dari 40 orang.

Akibat pembatasan ini, beberapa calon pendonor yang terlanjur datang harus menunda donor darah. Atau melakukan donor langsung ke kantor PMI.

"Peserta donor datang dari beberapa komunitas seperti dari komunitas sepeda tua, komunitas tanaman hias, aktivis lingkungan hidup, kajian ibu-ibu, seniman, dan dosen," pungkas Faiz.

Simak berita selengkapnya ...