Jatim Bebas Desa Tertinggal, Jumlah Desa Mandiri dan Maju Tertinggi Se-Indonesia

Jatim Bebas Desa Tertinggal, Jumlah Desa Mandiri dan Maju Tertinggi Se-Indonesia Grafis: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Provinsi kembali menuai prestasi. Kali ini provinsi yang yang dimpimpin gubernur perempuan Indar Parawansa itu sukses mengentas pedesaan. Kini di bebas dan sangat tertinggal. Bahkan desa dengan status mandiri dan maju tertinggi se-Indonesia.

Setidaknya itulah data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 Kementerian Desa PDTT. Menurut data itu, jumlah dan maju di Jatim tertinggi di antara provinsi lain se Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam SK Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Nomor 398.4.1 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Keputusan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 30 Tahun 2016 Tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa yang dirilis tanggal 19 Agustus 2021.

Dalam pemutakhiran data IDM tahun 2021, tercatat 3.269 desa di Indonesia dinyatakan sebagai . Dari jumlah tersebut, sebanyak 697 desa atau 21,32 persen berada di Jatim. Pencapaian ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dan selanjutnya disusul oleh Jawa Barat di peringkat kedua dengan total 586 serta di peringkat ketiga Provinsi Jawa Tengah dengan total 199 .

Tidak hanya status yang tertinggi, desa dengan status maju di Jatim juga tercatat mendominasi secara nasional dengan total 3.283 desa. Angka ini diikuti oleh Jawa Tengah dengan total 2.295 desa maju dan Jawa Barat sebanyak 2.102 desa maju.

Gubernur Indar Parawansa menyampaikan rasa syukurnya karena pembangunan di tingkat pedesaan terus tumbuh baik berdasarkan Indeks Ketahanan Sosial (IKS) Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) yang menjadi dasar dalam mengukur IDM. Pembangunan desa yang baik di Jatim tersebut juga mampu berseiring dengan laju penurunan angka kemiskinan di tingkat pedesaan khususnya pada Tri - Wulan II Tahun 2021.

“Alhamdulillah, berdasarkan Indeks Desa Membangun [IDM] Tahun 2021 yang di rilis Kemendes/PDTT saat ini di sudah tidak ada lagi apalagi desa sangat tertinggal. Yang harus kita syukuri saat ini ada 697 di , yang merupakan jumlah terbanyak secara nasional,’ kata Gubernur di Gedung Negara Grahadi, Jum’at [20/8/21].

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, per 21 Juli 2021 menyebut bahwa tingkat keparahan dan kedalaman kemiskinan di Jatim paling tipis jika dibandingkan provinsi lainnya di Pulau Jawa. Sementara itu, kontribusi terbesar angka penurunan kemiskinan di Jatim berada di wilayah pedesaan dengan total penurunan sebanyak 33.246 orang.

"Dalam setiap proses pembangunan yang dilakukan terdapat ikhtiar agar terus menekan angka kemiskinan serta mendorong kesejahteraan masyarakat terus meningkat," tutur Gubernur.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO