Bermula dari Instagram, Tenun Ikat Kediri Tembus Pasar Jepang

Bermula dari Instagram, Tenun Ikat Kediri Tembus Pasar Jepang Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar (kanan) saat mendampingi putri Indonesia di sentra tenun ikat Kota Kediri, beberapa waktu lalu. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Upaya mempromosikan Tenun Ikat yang dilakukan Pemkot bersama dekranasda mulai menampakkan hasil. Kain tradisional asli Kota itu kini telah berhasil menembus pasar Jepang.

Pesanan dari Negeri Matahari Terbit itu datang kepada Tenun Mulya, salah satu usaha kerajinan yang ada di Bandarlor.

Suharto, pemilik Tenun Mulya mengungkapkan bahwa pembeli kain produksinya adalah Mr. Hiromi Tsuneoka. Hiromi mengetahui nomor telepon Suharto dari akun Instagram @tenunmulya.

"Hingga akhirnya saya bertemu langsung di Surabaya ketika beliau sedang berkunjung ke Indonesia tahun lalu. Kemudian Mr. Hiromi minta katalog produk Tenun Mulya untuk dibawa pulang (ke Jepang)," ujar Suharto menceritakan kronologi awal mula bisnis dengan Hiromi.

Sejauh ini, terang Suharto, Tenun Mulya telah mengirim tak kurang dari 100 potong kain tenun ke Jepang, dalam beberapa kali pengiriman.

Sekadar diketahui, Hiromi Tsuneoka adalah pengelola galeri seni Asian Accents yang menjual berbagai jenis produk kriya dan wastra Nusantara. Sejumlah kain batik dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia dijual di Asian Accents, yang berlokasi di Tokorozawa, sebuah kota tak jauh dari ibu kota Tokyo.

Sementara Ketua Dekranasda Kota Ferry Silviana Abu Bakar menilai keberhasilan ke Jepang merupakan capaian spesial. Ia mengaku gembira dan bangga ada pengrajin tenun yang bisa melakukan .

Menurutnya, selama ini Tenun Mulya memang aktif mengikuti kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Pemkot dan Dekranasda Kota . Seperti partisipasi dalam gelaran Dhoho Street Fashion yang rutin digelar dalam beberapa tahun terakhir.

Ferry menambahkan, bahwa ini bukan kali pertama kain tradisional dari merambah pasar . Sebelumnya, pengrajin tenun juga sudah sering menjual produk sarung goyor ke Timur Tengah melalui pihak ketiga.

Selama ini, Kain Tenun Ikat juga telah diterima oleh kalangan industri fashion, bahkan dikenakan oleh figur-figur terkenal tanah air dalam berbagai kesempatan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO