Optimalkan Suplai Listrik ke Pelanggan, PLN UIT JBM Lakukan Pemeliharaan GI Mojokerto

Optimalkan Suplai Listrik ke Pelanggan, PLN UIT JBM Lakukan Pemeliharaan GI Mojokerto Tim Pemeliharaan ULTG Mojokerto dan Tim PDKB sedang melakukan pemeliharaan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Perkembangan sistem ketenagalistrikan sekarang ini telah mengacu pada peningkatan efisiensi serta kualitas dalam penyaluran energi listrik, khususnya pada Gardu Induk (GI).

Salah satu cara untuk mengoptimalkan peralatan di Gardu Induk yaitu dengan melaksanakan pemeliharaan secara berkala, agar dapat mencegah terjadinya gangguan yang menyebabkan kerusakan peralatan di kemudian hari.

Menurut General Manager UIT JBM, Suroso, para Tim Pemeliharaan ULTG Mojokerto dan Tim PDKB berhasil melakukan pemeliharaan berkala. Sebelumnya, tim telah melakukan rekonfigurasi guna menentukan komponen-komponen yang perlu diperbaiki.

Suroso mencontohkan pekerjaan pada GI 150kV Sekarputih yang dilaksanakan beberapa hari lalu, yang membutuhkan waktu 5 jam untuk penyelesaiannya.

“Ada beberapa peralatan yang kita lakukan perbaikan pada GI 150kV Sekarputih sesuai hasil rekonfigurasi penghantar Surabaya Barat – Balong Bendo di GI 150kV Surabaya Barat. Setelah kemarin uji pembebanan ditemukan beberapa titik anomali yang langsung kami perbaiki agar tidak ada kendala ke depannya,” jelasnya.

Perbaikan itu mengerahkan dua tim petugas dengan jumlah personel 20 orang. Pekerjaan dilakukan tersebar sesuai dengan pembagian tugas masing-masing sehingga pekerjaan dapat terselesaikan lebih cepat.

“Kami terus memastikan kontinyuitas suplai listrik kepada para pelanggan. Pekerjaan yang kemarin kami lakukan pun ada yang dilakukan secara padam (tidak berdampak ke pelanggan) dan juga tanpa padam yang dilakukan oleh tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB),” ujar Suroso.

“Kami juga memastikan agar seluruh personel melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP yang kami berlakukan,” imbuhnya.

Adanya pemeliharaan pada Gardu Induk ini, diharapkan dapat terus meningkatkan pasokan listrik di tengah pandemi yang masih terus berlangsung. pun kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memasang umbul-umbul serta tiang bendera Hari Kemerdekaan RI yang dekat dengan jaringan listrik. (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO