Gaji Telat, Ratusan Kades Sidoarjo Luruk Pendopo, Ancam Boikot Penarikan PBB

Gaji Telat, Ratusan Kades Sidoarjo Luruk Pendopo, Ancam Boikot Penarikan PBB TUNTUT HAK – Kades dan perangkat desa se-Kabupaten Sidoarjo membentangkan spanduk protes di depan Pendopo Delta Wibawa menuntut sejumlah haknya, diantaranya gaji yang belum dibayar selama tiga bulan, Selasa (10/3). foto: musta’in/BangsaOnline.com

SIDOARJO (BangsaOnline) - Ratusan kepala desa (kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Sidoarjo meluruk Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Selasa (10/3). Mereka menuntut agar Pemkab segera mencairkan gaji atau biasa disebut penghasilan tetap (siltap) yang belum cair selama tiga bulan. Dalam aksinya, mereka mengancam akan memboikot penarikan pajak bumi bangunan (PBB) jika tuntutannya tak ditanggapi.

Para Kades dan perangkat desa juga menuntut diantaranya dikembalikannya pengelolaan tanah kas desa (TKD) sebagai tanah ganjaran Kades dan perangkat desa dan besaran siltap kades dan perangkat desa sesuai UMK.

“Kepentingan masyarakat pada umumnya dana PAD begitu besar, tapi mengapa banyak jalan rusak yang mengakibatkan banjir, mengapa penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa sering terlambat,” cetus Ketua Paguyuban Kades se-Sidoarjo, Supriyadi saat berorasi.

Supriyadi menyatakan pihaknya juga meminta pengelolaan TKD dikembalikan ke desa masing-masing. Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, para Kades dan perangkat desa bakal memboikot penarikan PBB di desanya masing-masing.

“Bila tuntutan kami ini tidak dikabulkan, perangkat desa dan Kades akan baikot tidak menyetorkan PBB,” tandas Supriyadi, yang juga Kades Trosobo, Taman ini.

Saat beraksi, Kades dan perangkat desa ini aksi long march dari depan kantor Lapas Delta Sidoarjo menuju Pendopo Delta Wibawa, yang jaraknya sekitar 200 meter. Mereka membawa sejumlah spanduk berisi tuntutan aksi. Mereka juga menampilkan atraksi kesenian Bantengan saat long march tersebut. Di pendopo, perwakilan mereka lalu ditemui sejumlah pejabat pemkab, diantaranya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemkab Sidoarjo, Asrofi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO