APBD Menurun Tiap Tahun, Pemkab Situbondo Ajukan Pinjaman Dana PEN Rp 250 Miliar

APBD Menurun Tiap Tahun, Pemkab Situbondo Ajukan Pinjaman Dana PEN Rp 250 Miliar Bupati Situbondo Karna Suswandi. (foto: ist)

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mengambil langkah mengajukan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 250 miliar.

Langkah tersebut diambil karena dana yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Situbondo sangat mendesak. Tujuannya untuk memulihkan ekonomi rakyat akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

"Pengusulan PEN semata-mata untuk kepentingan rakyat. Pemerintah sengaja menempuh jalan ini, karena dana yang dibutuhkan untuk pembangunan sangat mendesak akibat pandemi. Kita semua tidak pernah tahu, kapan pandemi ini akan berakhir," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Bung Karna, sapaan akrab Bupati Situbondo, menjelaskan bahwa ada ratusan ruas jalan di pedesaan yang rusak. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka kondisi infrastruktur jalan itu akan mengalami kerusakan berat dan sulit ditangani oleh pemerintah daerah.

"Perlu diketahui, saat ini pertumbuhan ekonomi kita terkontraksi sampai minus 2,33 persen, dengan banyaknya kegiatan pembangunan infrastruktur di Situbondo, maka pertumbuhan ekonomi akan membaik," terangnya.

Lebih lanjut, Bung Karna menyebutkan bahwa yang yang menjadi pertimbangan pemerintah daerah untuk mengusulkan pinjaman PEN, selain refocussing anggaran, juga karena keterbatasan APBD, sementara dana APBD dari tahun ke tahun terus menurun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO